banner podcast

7 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui

  • Bagikan
7 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui
FOTO: Muhammad Anugrah R
Banner Iklan

OLEH: Mohammad Anugrah R
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Sejak pandemi, ada berbagai kebiasaan baik yang dilakukan. Kebiasaan ini juga masih berlangsung hingga new normal ini. Sekarang, sebagian besar orang jadi lebih rutin cuci tangan, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga.

Gaya hidup yang sehat, bukan? Salah satu kebiasaan baru yang bahkan menjadi tren adalah berolahraga rutin. Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, olahraga juga dapat membuatmu terhindar dari stress, lho. Seperti yang sudah diketahui, pandemi Covid-19 dapat menimbulkan rasa stres dan cemas.

Meski hampir semua orang sering berjalan kaki, manfaat jalan kaki belum banyak disadari. Padahal, jika dilakukan dengan rutin, aktivitas ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Jalan kaki sering kali dianggap sepele daripada jenis aktivitas lain yang lebih berat, seperti joging atau bersepeda. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.

Mulai sekarang, kenakan alas kaki nyaman favorit Anda dan sering-seringlah jalan kaki! Ini dia beberapa manfaat sering olahraga jalan kaki yang bisa didapatkan:

1. Membantu Penurunan Berat Badan
Dengan berjalan kaki, kamu dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas. Berjalan kaki yang kurang dari 5.000 langkah setiap harinya menandakan gaya hidup sedenter. Sedangkan, dengan berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah, dapat meningkatkan pembakaran lemak yang akhirnya bisa menurunkan berat badan. Diperkirakan, dengan berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah, kamu bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg!.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Manfaat olahraga jalan kaki yang bisa kamu rasakan adalah daya tahan tubuh jadi lebih meningkat dan stabil. Sehingga, kamu tak mudah jatuh sakit. Jalan kaki dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang berperan untuk melawan infeksi atau virus.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol
Jalan kaki baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

4. Menurunkan Risiko Diabetes
Jalan kaki selama 30 menit setiap hari membantu meningkatkan kontrol gula darah serta membantu manajemen insulin pada diabetes Tipe 2. Berjalan kaki akan membuat sel-sel dalam tubuh menggunakan glukosa yang tidak terpakai, sehingga lemak dalam tubuh dapat diolah dengan baik, dan menurunkan risiko obesitas.

5.Menguatkan Otot
Berjalan dapat juga membantu memperkuat otot-otot kaki. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas yang tadinya bermalas-malasan untuk berolahraga. Selain berjalan kaki, kamu bisa menambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunges beberapa kali dalam seminggu agar otot menjadi lebih sehat.

6.Kontrol Kadar Kolesterol
Kolesterol tinggi akan berujung pada masalah jantung yang berbahaya bagi kesehatan pengidapnya. Untuk mengontrol kadarnya, kamu dapat mengikuti gaya hidup aktif, seperti berjalan kaki. Jalan kaki dapat mencegah Aterosklerosis, yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena penimbunan plak atau kolesterol pada dinding arteri.

7.Meningkatkan Fokus
Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah meningkatkan fokus. Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk berpikir sepanjang hari. Selain meningkatkan fungsi kognitif, berjalan kaki juga dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih kreatif.

Hal tersebut dapat terjadi karena olahraga teratur dapat membantu melindungi ingatan dan meningkatkan keterampilan berpikir, karena oksigen dan suplai darah ke otak dipercepat. 

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.