Agar Tak Lagi Sulit Air, Bupati Salwa Resmikan Sumur Bor Desa Purnama

Avatar of news.Limadetik
Agar Tak Lagi Sulit Air, Bupati Salwa Resmikan Sumur Bor Desa Purnama
FOTO: Bupati Salwa saat bertatap muka dengan warga Desa Purnama

LIMADETIK.COM, BONDOWOSO – Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, meresmikan Sumur bor dan tandon Desa Purnama Kecamatan Tegal Ampel, Kamis (9/2/2022).

Untuk diketahui, Desa Purnama ini adalah salah satu desa yang terdampak kekeringan setiap tahunnya, kondisi ini akan semakin parah bila memasuki musim kemarau.

Sebagai upaya pemenuhan air bersih yang layak, setiap tahun BPBD Bondowoso mengirimkan bantuan air bersih ke Desa Purnama. Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui BPBD, mengalokasikan anggaran untuk pembuatan sumur bor dengan menggunakan metode survey geolistrik untuk mencari titik potensi air.

Sementara dalam sambutannya Bupati Salwa berharap dengan adanya pengadaan air bersih di Desa Purnama ini bisa bermanfaat.

“Gunakan air sehemat mungkin, tidak boleh boros air, rawatlah fasilitas yang ada, sehingga manfaatnya bisa terus dirasakan oleh warga,” kata Bupati Salwa Arifin dihadapan hadirin.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan, ST., menyampaikan, kegiatan pengeboran air bersih ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan melalui anggaran Tahun 2022.

“Walapun ada kendala dalam beberapa kali pengeboran karena struktur tanah yang bebatuan, namun akhirnya pengeboran berhasil dilakukan,” kata Dadan saat ditanya Limadetik.com.

Ditambahkan olehnya, sehingga saat ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Purnama.

“Sumur bor ini mempunyai debit 1 liter per detik, jadi apa bila mengisi tandon kapasitas 1.100 liter hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja,” pungkas Dadan.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Asisten Administrasi Umum, Kabag Prokopim, Camat Tegalampel, Kapolsek, Danramil, Kades Purnama dan tokoh masyarakat setempat.