Analis Rencana Audit Akuntansi Berdasarkan Standar Akuntansi Publik

Avatar of news.Limadetik
Analis Rencana Audit Akuntansi Berdasarkan Standar Akuntansi Publik
FOTO: Agyl Surya Karunia Agung

(KASUS KAP JOJO SUNARJO SIDOARJO)

Oleh : Agyl Surya Karunia Agung
Nim : 202010170311004
Universitas Muhammadiyah Malang

____________________________

PENDAHULUAN

Auditor harus merencanakan audit mereka dengan skeptisisme yang terinformasi tentang integritas manajemen, kesalahan dan ketidakberesan, dan aktivitas ilegal. Untuk merencanakan audit yang tepat, auditor harus memiliki pengetahuan tentang bisnis klien untuk memahami peristiwa, transaksi, dan praktik yang berdampak signifikan terhadap laporan keuangan klien membuat keputusan tanpa mengandalkan laporan keuangan yang tidak dapat diandalkan dapat mengakibatkan interpretasi pengguna laporan keuangan yang berbeda, yang dapat menyesatkan, memengaruhi keputusan, dan memengaruhi keakuratan Untuk menghindari informasi yang menyesatkan bagi pengguna internal dan eksternal, laporan keuangan harus diperiksa karena adanya konflik kepentingan antara pengguna laporan keuangan dan manajemen yang bertanggung jawab atas penyusunan laporan keuangan.

KAJIAN PUSTAKA

A. AUDIT

Menurut Mulyadi dan Kanaka Puradiredja (1998) dari Sunyoto (2014), auditing adalah suatu proses yang sistematis untuk memperoleh dan menilai secara objektif pernyataan-pernyataan mengenai kegiatan dan peristiwa ekonomi, dan pernyataan-pernyataan tersebut telah ditetapkan, juga bertujuan untuk menentukan derajat kesesuaian dengan penyataan.

B. STANDAR PROFESIONAL AKUNTAN PUBLIK

Standar auditing adalah 10 standar yang ditetapkan dan disetujui oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAPI), yang terdiri dari standar umum, standar kerja lapangan, standar pelaporan, dan interpretasinya. Standar auditing adalah pedoman untuk mengaudit laporan keuangan masa lalu. Standar auditing terdiri dari 10 standar dan dijabarkan secara rinci dalam bentuk standar auditing (PSA).

AUDIT LAPORAN KEUNGAN

Laporan keuangan disusun untuk memberikan gambaran atau laporan kemajuan yang disusun secara berkala oleh manajemen perusahaan. Laporan keuangan tahunan dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang kekayaan bersih perusahaan, posisi keuangan, dan hasil operasi. Ini berguna untuk berbagai pengguna ketika membuat keputusan keuangan. Menurut Harahap (2007).

METODE

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menjelaskan mekanisme proses dan membuat seperangkat kategori atau pola (Roland, 2014). Dalam penelitian ini jenis data kualitatif berupa pendirian perusahaan, visi, sejarah singkat misi, struktur organisasi perusahaan, dan uraian subjek berupa rancangan rencana audit pelaporan keuangan pada KAP Jojo Sunarjo, sumber data yang digunakan adalah Kantor Akuntan KAP Jojo Sunarjo melalui observasi data Adalah untuk mendapatkan data dari.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dimana data dikumpulkan, dipahami dan dianalisis, dan KAP Jojo Sunarjo dengan standar profesi akuntan bersertifikat yang diterbitkan oleh Institut Indonesia. Ini jelas menunjukkan validitas rencana audit Dari seorang akuntan bersertifikat.

PEMBAHASAN

1. Memahami perencanaan audit laporan keuangan yang dilakukan

Tujuan audit adalah untuk meningkatkan kepercayaan target pengguna laporan keuangan. Hal ini dicapai dengan memberikan pendapat kepada auditor apakah laporan keuangan telah disusun dalam semua hal yang material sesuai dengan kerangka akuntansi yang berlaku. Adapun jadwal audit akuntansi tahunan KAPJojo Sunarjo dan Rekan adalah sebagai berikut:

1) Prosedur penerimaan pesanan SPM 1 diperlukan dalam keadaan sebelum menerima mandat dari klien baru, ketika memutuskan apakah akan melanjutkan mandat yang ada, dan ketika mempertimbangkan untuk menerima mandat baru dari pelanggan yang sudah ada. Mengharuskan perusahaan untuk mendapatkan apa yang Anda pikirkan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah akan menerima dan melanjutkan hubungan klien dan keterlibatan audit Anda.

a) Pemilik utama, administrator ini, dan Bertanggung jawab atas manajemen perusahaan.
b) Kompetensi tim perikatan untuk melaksanakan perikatan audit dan kapabilitas yang diperlukan, termasuk waktu dan sumber daya.
c) Kemampuan KAP dan tim perikatan untuk mematuhi ketentuan etika yang relevan; dan Hal signifikan yang timbul selama perikatan audit periode kini atau periode lalu, dan implikasinya terhadap keberlangsungan hubungan perikatan.

2) Proses perencanaan tes Rencana audit lebih rinci daripada strategi audit keseluruhan Keseluruhan, Hal ini karena rencana audit mencakup sifat, saat, dan ruang lingkup prosedur audit yang dilakukan oleh anggota tim perikatan.

a) Mendapatkan penjelasan tentang perencanaan audit laporan
Setelah penyelidikan pendahuluan dilakukan, auditor yang ditugaskan tentang perusahaan dalam hasil penyelidikan pendahuluan. Informasi tersebut dapat berupa nama perusahaan, susunan pengurus perusahaan, kepemilikan, modal, dan laporan keuangan perusahaan.

Berdasarkan informasi dari hasil survei pendahuluan, KAP Jojo Sunarjo dan Rekan memperkirakan besaran biaya audit dan jangka waktu audit. Kemudian diskusikan kembali biaya dan kerangka waktu dengan pemangku kepentingan. Jika ada kontrak, kewajiban tersebut dicatat dalam kontrak karya (SPK).

b) Mengevaluasi ketepatan rancangan audit laporan
Kesesuaian rencana audit akuntansi tahunan KAP Jojo Sunarjo dan Rekan diperiksa dengan:

a) Perbandingan antara rencana tes akhir KAP Jojo Sunarjo dan mitra merencanakan ujian akhir Menurut SPAP.

b) Jika desain sudah sesuai, langkah selanjutnya adalah membandingkan desain Rencana review laporan keuangan KAP Jojo Sunarjo dan Rekan dengan rencana operasional audit laporan keuangan KAP Jojo Sunarjo dan Rekan.

c) Jika desain tidak sesuai, langkah selanjutnya adalah membandingkan rencana audit tahunan sesuai SPAP dengan rencana operasional audit pelaporan keuangan oleh KAP Jojo Sunarjo dan Rekan.

c) Membandingkan antara desain perencanaan audit laporan dengan perencanaan audit laporan
Rencana audit tahunan KAP Jojo Sunarjo dan Rekan Gunakan metode ini untuk merencanakan rencana audit untuk audit tahunan Jojo Sunarjo dan Rekan oleh SPAP untuk melihat apakah desainnya konsisten dengan SPAP. Penulis dari desain yang dimaksud adalah desain yang termasuk dalam buku sistem manajemen mutu (SPM) Jojo Sunarjo dan Rekan. Buku SPM KAP Jojo Sunarjo dan Rekan merupakan pedoman formal untuk menilai kinerja KAP Jojo Sunarjo dan Rekan.

3) Pembahasan
Hasil perbandingan menunjukkan bahwa terdapat konsistensi antara desain perencanaan audit KAP Jojo Sunarjo dan Rekan dengan perencanaan audit KAP Jojo Sunarjo dan Rekan. Artinya KAP Jojo Sunarjo dan mitranya telah memenuhi standar profesi akuntan yang ditetapkan oleh IAPI.

KESIMPULAN
Penulis menyimpulkan dalam penelitian ini bahwa rencana mereka untuk mengaudit laporan keuangan pada Kantor Akuntan Jojo Sunarjo and Rekan sesuai dengan Standar Profesi Akuntan (SPAP) yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Berdasarkan temuan dan kesimpulan penelitian ini, penulis menyarankan KAP Jojo Sunarjo dan Rekan untuk mempertahankan standar yang ada saat ini dan lebih meningkatkan kualitas layanan audit dan layanan lain yang diberikan kepada klien.

Penulis: Agyl Surya Karunia AgungEditor: Wahyu