Apakah Investasi Syariah Lebih menguntungkan di Zaman Modern Saat ini?

Avatar of news.Limadetik
Apakah Investasi Syariah Lebih menguntungkan di Zaman Modern Saat ini?
Ilustrasi

OLEH : Aurel Tahta Salsabila
Mahasiswa Muhammadiyah Malang

____________________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Indonesia adalah negara yang mayoritasnya beragama islam jadi tidak asing lagi bila mendengar yang berbau keislaman contohnya investasi syariah. Investasi syariah sudah lama dikenal di Indonesia, jika dilihat saat ini masyarakat masih belum tertarik dengan investasi syariah karena masyarakat lebih banyak memilih investasi konvensional, tetapi sedikit banyaknya masyarakat yang beralih ke investasi syariah.

Apa sih investasi syariah itu?
Investasi syariah adalah salah satu cara penanaman modal dengan tujuan meraih keuntungan sesuai syariah islam. Prinsip hukum dan landasan operasional investasi ini bersumber dari Al-Qur’an, hadist, dan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Dilansir dari ocbcnisp.com

Investasi syariah jika dilihat dari perspektif islamnya banyak menguntungkan contohnya investasi syariah ini sesuai dengan syariat islam, yang kedua bebas dari riba yang menyelamatkan para investor dari riba yang dimana riba tersebut termasuk dosa besar, yang ketiga lebih aman investasi ini juga menjamin keamanan lebih tinggi karena setiap investasi syariah harus menjauhi gharar. Gharar itu sendiri adalah ketidak pastian dalam bertransaksi oleh karena itu gharar itu bisa menyesatkan para investor.

Banyaknya keuntungan yang akan di peroleh dari investasi syariah ini sudah seharusnyalah mulai sekarang dimanfaatkan oleh para kaum muslim, Hal ini bisa di terapkan mulai sekarang untuk menghindarkan hal hal yang diharamkan agama sehingga hasil keuntungan yang di dapatkan lebih berguna dan bermanfaat karena dijalankan berdasarkan prinsip prinsip islam.

Selain itu, proses pembagian keuntungan juga sesuai dengan Syariah. Hal inilah yang membuat saham ini banyak peminatnya. Dan sebenarnya peminatnya tidak hanya orang-orang Islam tapi juga orang non muslim. Mungkin mereka memiliki alasan yang berbeda seperti mereka tidak ingin membiayai perusahaan yang memberikan imbas yang baik untuk masyakarat.

Zaman sekarang generasi muda semakin dimudahkan untuk melakukan apapun mau itu mencari informasi, belajar hal baru, atau bahkan menciptakan hal baru. Kemudahan yang ditawarkan ini membawa generasi muda untuk berpikir lebih kreatif dan kritis. Bahkan generasi muda sekarang bisa mendapatkan penghasilan mandiri hanya dengan modal duduk didepan layar laptop, komputer, atau handphone.

Memiliki investasi pribadi di pasar finansial saat ini sedang menjadi trend yang sedang banyak digandrungi oleh generasi muda. Pandangan lama bahwa investasi bisa dilakukan oleh kalangan dewasa saja, sekarang sudah tidak lagi berlaku. Namun zaman yang modern saat ini masih banyak masyarakat yang masih mengebelakangkan agama yakni dimana Investasi yang berbasis syariah memiliki beberapa kelebihan yang tidak ada pada investasi konvensional yaitu:

Pertama, siapapun bisa menginvestasikan dananya di investasi syariah walaupun bukan muslim. Kedua,resikonya juga rendah karena investasi syariah memperhitungkan unsur kekeluargaan.
Ketiga, segala bentuk investasi berdasarkan prinsip syariah dilakukan dengan transparan sehingga nasabah dapat mengetahui prosedurnya sehingga para nasabah terhindar dari penipuan.
Keempat, mengandung nilai sosial. Selain menguntungkan investasi syariah juga dapat dijadikan sebagai sarana kegiatan sosial. Dan yang terakhir, sudah pasti investasi syariah bebas dari riba atau bunga dan halal.