Opini  

Batik Sebagai Peluang Usaha Milenial

Avatar of news.Limadetik
Batik Sebagai Peluang Usaha Milenial
Kerajinan Batik

Oleh : Dinda Maharana
Prodi : Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia
Universitas PGRI Kanjurahan Malang

__________________________________

OPINI – Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya. Corak ragam batik yang mengandung penuh makna dan filosofi akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang di Indonesia.

Pembuatan batik sendiri memerlukan banyak tahap tahap pertama (proses pencucian kain), tahap kedua (proses mendisain), tahap ketiga (proses mencanting), tahap keempat (proses pewarnaan), tahap kelima (proses remekan), tahap keenam (proses penglorodan). Karena pembuatan batik sendiri memerlukan kesabaran serta ketlatenan yang luwes, ini menjadi salah satu faktor batik kurang di jadikan peluang usaha oleh generasi milenial.

Mereka lebih banyak memilih usaha makanan yang banyak di cari dan menghasilkan untung yang besar. Selain itu pembuatan batik juga memerlukan modal yang besar dan ketrampilan yang memadai. Karena batik adalah salah satu pakaian resmi yang hanya cocok di pakai di acara acara resmi dan formal menjadikan minat pembeli terhadap batik juga sangat minim dan bagaimana kita sebagai generasi baru menjadi kan batik sebagai trend baru yang banyak di minimati bukan kalangan orang dewasa saja tetapi juga kalangan remaja remaja milenial dan menjadikanya peluang usaha yang menjanjikan.

Saat ini banyak generasi muda yang menggunakan paperbag atau tas yang terbuat dari kanvas dengan motif beragam, kita bisa membuat motif paperbag tersebut dengan batik, tidak perlu modal yang besar kita hanya memerlukan daun daun basah dan alat untuk menekan agar daun tersebut bisa tercap dan mengeluarkan warna.

Mungkin untuk pembuatan kita memerlukan banyak tenaga tapi usaha ini selain minim modal juga sangat diminimati jika kita juga trampil dalam mengolahnya. Jika kita tidak pernah mencoba sebuah peluang kita tak akan pernah tau hasilnya akan berhasil atau tidak jadi ayo ciptakan peluang kita sendiri untuk mulai bertumbuh dan berhasil.

Penulis: Dinda MaharanaEditor: Wahyu