banner podcast

Bergelar Kampung Keren dan Independen, Mahasiswa KKN UM Kenalkan Kampung Tahu Tinalan lewat Video Profil Epik

  • Bagikan
Bergelar Kampung Keren dan Independen, Mahasiswa KKN UM Kenalkan Kampung Tahu Tinalan lewat Video Profil Epik
FOTO: Kampung Keren dan Independen Tinalan Kota Kediri
Banner Iklan

KEDIRI, Limadetik.com – Kelurahan Tinalan adalah salah satu kelurahan yang bertempat pada Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Kelurahan Tinalan bergelar kampung keren dan independen, kampung ini memiliki luas wilayah 94.00 Ha, letak wilayah sebelah utara yakni Burengan dan Bangsal, sebelah selatan yakni Tosaren, sebelah timur yakni Bangsal dan Banaran, dan sebelah barat yakni Pakunden.

Jumlah penduduk di kelurahan Tinalan sebanyak 5.867 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 2.164 KK, serta memiliki 6 RW dan 20 RT.

Terdapat suatu wilayah istimewa yang ada pada kelurahan tinalan sehingga wilayah tersebut mendapat gelar sebagai salah satu Kampung Keren (Keren dan Independen) pada 2019 oleh Pemerintah Kota Kediri yakni Kampoeng Tahu.

“Salah satu potensi terbesar yang berada diwilayah keluarah tinalan yakni kampoeng tahu” kata Yusuf Iswanto, Kepala Kelurahan Tinalan, Selasa (12/07/2022).

Kampung tahu terletak di jl. Tinalan gg.4, Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Bukan hanya itu, wilayah gang 4 sudah menjadi pusat pembuatan tahu sejak puluhan tahun lalu yang sudah diwariskan secara turun-temurun oleh para pendahulu. Dan sekarang kampung tahu termasuk wilayah perbelanjaan pusat oleh-oleh khas kediri.

Cikal bakal kampung tahu adalah pada awal mulanya kampung tahu didirikan oleh Markam dari Tulungagung pada tahun 1958. Pada saat itu produksi perusahaan masih menggunakan peralatan sederhana dan tradisional dengan produksi utamanya adalah tahu puyih atau yang biasa dikenal dengan sebutan tahu sayur.

Seiring waktu, produksi tahu berkembang kepada penerus seperti saudara dan anak serta masyarakat setempat. Maka dari itu, kampung tahu telah mencetak lebih dari 30 industri tahu.

Desa ini pun memiliki potensi yang luar biasa khususnya dalam bidang perekonomian dan wisata. Potensi wisata yang ada di kelurahan tinalan yaitu wisata edukasi tahu dan pusat oleh-oleh makanan olahan yang berasal dari tahu.

Sehingga tak heran, jika banyak wisatawan yang menyempatkan datang ke kampung tahu tinalan untuk membawa oleh-oleh olahan tahu jika berkunjung ke Kota Kediri.

Tak hanya pembuatan tahu saja, masyarakat juga membuat inovasi berbagai macam olahan makanan dari tahu. Diantaranya stik tahu, tahu walik, coklat tahu dan berbagai macam olahan tahu lainnya.

Dari potensi-potensi yang ada di kelurahan Tinalan tersebut membuat para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) Semester Antara Reguler Model Blok 2022 berinisiatif untuk memperkenalkan kelurahan Tinalan khususnya pada kampung tahu dengan berbagai potensinya dalam bentuk Video Profil Desa yang juga merupakan salah satu program kerja pada kegiatan KKN kali ini.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.