banner podcast

Berkolaborasi Antar Elemen Bantu Korban Banjir Bandang di Malang

  • Bagikan
Berkolaborasi Antar Elemen Bantu Korban Banjir Bandang di Malang
FOTO: Penyerahan bantuan sembako secara simbolis oleh pengurus DPD DGP Kota Malang disaksikan oleh ketua bidang program Ponpes Lisan Arabi
Banner Iklan

MALANG, Limadetik.com – Bencana memang tidak diharapkan tapi tidak dapat kita tolak. Demikian juga yang terjadi di Kota Batu yang terkena banjir bandang pada hari Kamis (4/11/2021).

Dengan dampak kerusakan yang parah terhadap harta benda masyarakat serta adanya korban jiwa.

Untuk membantu warga yang terdampak maka beberapa elemen bergotong royong mengumpulkan sumbangan yang di inisiatori oleh ibu Ellen L. dan Soetanto.

Adapun elemen yang terlibat seperti Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Dulur Ganjar Pranowo (DGP) Kota Malang, DPD DGP Kabupaten Sidoarjo, DPP DGP, Ponpes Lisan Arabi serta masyarakat luas di dukung oleh media partner limadetik.com, Global-satu.com memberikan bantuan sembako dan diserahkan kepada Posko bencana BPBD Kota Batu.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Minggu (07/11/2021) bertempat di Posko bencana BPBD Kota Batu Kecamatan Bumiaji. Dan diserahterimakan kepada petugas yang ada di lokasi.

Wawali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso, S.H., M.M. menjelaskan, sesaat setelah bencana pihaknya langsung membentuk tim penanganan bencana dan sekaligus tim pembersihan sampah-sampah banjir.

“Kita segera membentuk tim untuk penanganan bencana diprioritaskan untuk masyarakat yang hilang setelah selesai dilanjutkan dengan pembersihan dari sisa-sisa banjir bandang yang terjadi pada hari kamis kemarin. Pada hari ketiga kita bersama Danrem dan Tim Tagana beserta yang lainnya turun ke lokasi untuk melihat apa penyebabnya banjir bandang” katanya.

Selanjutnya Wawali Kota Batu menjelaskan, setelah itu pihaknya bersama tim melakukan analisa, dan disana ditemukan pernah empat tahun lalu ada kejadian longsor.

“Kita analisa ternyata sejak empat tahun yang lalu terjadi longsor-longsor yang kecil sehingga membawa batang pohon, batu dan material lainnya dan itu yang menutupi air yang seharusnya bisa mengalir. Karena tersumbat itulah akhirnya terbentuk embung saat musim hujan airnya bertambah sehingga tidak bisa menahan air lagi maka terjadilah banjir bandang seperti kemarin” terangnya.

“Untuk sembako sampai saat ini cukup. Kita nanti malam akan berkoordinasi lebih lanjut dengan stakeholder yang berkaitan untuk penanganan rumah yang hanyut ataupun yang rusak parah” imbuhnya.

Sementara, Ellen Landriany, koordinator bidang koperasi DPD DGP Kota Malang yang juga salah satu inisiator pengalangan dana untuk korban banjir bandang mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman, saudara, DPD DGP Kabupaten Sidoarjo, DPD DGP Kota Malang, DPP DGP, Ponpes Lisan Arabi, media online Limadetik.com, Global-satu.com serta semua pihak yang telah membantu.

“Setelah kita mengetahui adanya bencana banjir bandang langsung mengadakan pengalangan dana melalui grup-grup WA, sosmed dan lainnya, sehingga bisa terkumpul bantuan uang untuk dibelikan sembako dan kita serahkan kepada Posko bencana banjir bandang BPBD Kota Batu hari ini (07/11;2021)” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya tetap menerima sumbangan berupa uang. Setelah berkoordinasi dengan Pusdalop BPBD maka bantuan uang nantinya dibelikan material untuk pembangunan rumah yang terdampak, baik yang hanyut maupun rusak parah.

“Nanti kalau untuk sumbangan uang dari hasil koordinasi bersama Pusdalop BPBD akan kita gunakan untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat banjir” pungkasnya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.