BLUE SCREEN?? Apa Kabar Harga Set Top Box

Avatar of news.Limadetik
BLUE SCREEN?? Apa Kabar Harga Set Top Box
FOTO : Nabilla Azzahra

Oleh : Nabilla Azzahra
Prodi : Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

___________________________

ARTIKEL – Pemerintah Jawa Timur resmi menghentikan siaran TV analog pada Selasa (20/12/2022) di wilayah Jatim 1. Terdapat 10 kota serta kabupaten yang menjadi wilayah Jatim 1, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kota Surabaya dan Kota Pasuruan.

Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur mengatakan bahwa fokus utama dari penghentian siaran TV Analog yaitu untuk menuju era baru digitalisasi komunikasi dan informasi di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta variasi konten televisi di masyarakat. Dalam pidatonya beliau mengharapkan masyrakat Jatim bisa mendukung penuh program pemerintah pusat ini, mari wujudkan Jatim yang melek digital, untuk Jatim yang lebih maju di masa depan.

Meskipun demikian, masyarakat tetap bisa menonton dengan menggunakan set top box yang disambungkan ke tv analog. Lalu berapakah harga set top box?.

Dilansir dari laman medcom.id terdapat 10 merk set top box yang sudah bersertifikar Kominfo
1. Ichiko dengan harga berkisar Rp. 300.000
2. Nextron dengan harga berkisar Rp. 259.000
3. Akari dengan harga berkisar Rp. 225.000
4. Polytron dengan harga berkisar Rp. 200.000
5. Venus dengan harga berkisar Rp. 198.000
6. Matrix dengan harga berkisar Rp. 189.000
7. Evinis H1 dengan harga berkisar Rp. 189.000
8. Nexmedia dengan harga berkisar Rp. 185.000
9. Tanaka dengan harga berkisar Rp. 183.000
10. Evercross dengan harga berkisar Rp. 172.000

Namun kenyataanya yang terjadi di pasar harga set top box bisa mencapai harga Rp. 400.000, hal ini sangat meresahkan masyarakat yang ingin memiliki set top box.

Hal ini terdapat kaitannya dengan Ilmu Ekonomi. Terdapat hukum permintaan dan penawaran. Hukum permintaan dan penawaran menjelaskan hubungan antara harga dan jumlah yang ditawarkan sehingga membentuk kurva permintaan dan penawaran.

Hukum permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu. Sedangkan, hukum penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan pada waktu tertentu.

Dalam kasus melonjaknya harga set top box jika dikaitkan dengan ilmu ekonomi, kasus tersebut termasuk dalam hukum penawaran. Semakin tinggi harga semakin banyak produk yang diproduksi.