Bupati Bondowoso Sambut Kunjungan Dirjen PSP

Avatar of news.Limadetik

BONDOWOSO, LimaDetik.Com – Bupati Bondowoso,KH. Salwa Arifin, menyambut baik atas kunjungan Direktur Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP), Dr. Sarwo Edhy SP. MM., dalam kunjungan kerja sekaligus untuk meninjau Desa Sumber Gading serta rest area Kluncing, Kecamatan Sumber Wringin, Sabtu (1/5/2021).

Di samping itu, ia mengajak para petani di Bondowoso untuk ikut serta dalam asuransi padi.

Menurutnya, melalui asuransi ini, para petani hanya diwajibkan membayar premi Rp 36.000 per hektar per musim tanam.

“Karena yang Rp 144.000 nya kami bantu dari APBN” ungkap, Direktur Jendral Sarana dan Prasarana pertanian tersebut.

Dengan mengikuti asuransi ini para petani akan mendapat ganti rugi jika padinya gagal panen. Baik, karena musim kemarau, musim hujan, atau pun terkena hama. Nanti asuransi Jasindo atau asuransi pemerintah ini akan mengganti hingga Rp 6 juta per hektar.

“Jadi hanya membayar Rp 36 ribu, kalau tidak panen dibayar Rp 6 juta. Ini program yang sangat baik dari pemerintah” katanya.

Tujuannya tak lain, agar sekali pun petani mengalami gagal panen. Selanjutnya, tetap bisa menanam kembali.

Begitu pun, untuk peternak juga bisa ikut asuransi dengan cukup membayar Rp 40 ribu per ekor per tahun. Sisanya Rp 160 ribu dibantu pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Jika ternaknya hilang diganti Rp 7 juta” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin, menyambut positif kedatangan Dirjen Kementan RI ke Bondowoso. Ia pun meminta dukungan dari Kementan RI untuk kemajuan pertanian Bondowoso.

(budhi/yd)