Bupati Sumenep Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Jelang Larangan Mudik Lebaran

Bupati Sumenep Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Jelang Larangan Mudik Lebaran
FOTO: Bupati Sumenep Achmad Fauzi diapit Dandim dan Kapolres Sumenep

SUMENEP, LimaDetik.Com – Bupati Sumenep Achmad Fauzi pimpin Gelar Pasuka dalam rangka Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H di halaman Polres Sumenep Jalan Urip Sumoharjo No.35 Desa Pabian Kec Kota Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, Senin (26/04/2021) sekira Pukul 07:00 WIB.

Kegiatan Gelar Pasuka dalam rangka Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H ini dalam rangka untuk mengatahui kesiapan personel.

Baupti Sumenep Achmad Fauzi dalam sambutannya mengatakan Pemerintah melalui Satgas penanganan Covid-19 telah mengeluarkan surat edaran nomor 13 tahun 2021 Tentang Pengadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H. dan upaya penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Terhitung mulai tanggal 22 april sampai 24 Mei 2021, dengan adanya surat edaran tersebut dinyatakan secara resmi larangan mudik sudah diberlakukan,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten ujung timur pulau madura tersebut kebijakan tersebut dilaksanakan dalam rangka antisipasi terjadinya kelonjakan akan penyebaran Covid-19.

Karena berkaca kepada tahun sebelumnya setiap ada libur panjang mengakibatkan adanya bertambahnya angka penyebaran Covid-19 termasuk pada lebaran tahun 2020 kemarin dan Natal tahun 2020 serta tahun 2021.

“Dalam rangka mendukung kebijakan tersebut Polda Jatim Telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain Operasi Keselamatan Semiru 2021 mulai tanggal 12 April sampai tanggal 26 April 2021 dengan tujuan untuk mensosialisasikan larangan mudik lebaran,” ujarnya.

Selanjutnya dalam rangka meningkatkan kegiatan rutin mulai tanggal 26 April 2021 sampai tanggal 5 Mei 2021dengan tujuan untuk melakukan penyekatan di beberapa lokasi daerah perbatasan baik di kabupaten Kota maupun Provinsi.

“Puncak dari kegiatan dukungan Polda Jatim terkait larangan mudik tersebut akan diselenggarakan Operasi Ketupat Semiru 2021 dengan menyiapkan titik-titik penyekatan antar provensi. Ada 20 titik yang direncanakan akan dilakukan penyekatan” paparnya.

(Bahri/yd)