Cara Mengatasi Inflasi

Avatar of news.Limadetik
Cara Mengatasi Inflasi
FOTO: Salwa Januwaryanti

OLEH : Salwa Januwaryanti
Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2022/2023

__________________________________

Apa itu inflasi ? Inflasi bisa diartikan sebagai fenomena kenaikan harga barang atau penurunan nilai uang sebagai alat tukar. Apakah dampak inflasi? Apakah berdampak negatif ataukah positif? Jawabannya ya berdampak negatif dan juga positif.

Apasih dampak negatifnya? Seperti halnya negara-negara lain di dunia, Indonesia mulai menunjukan tanda-tanda inflasi tinggi. Berdasarkan rilis terbaru inflasi di Indonesia telah mencapai 5,95% perseptember 2022, ini angka yg tertinggi sejak tahun 2015.

Bayangkan saja di tahun 2012 harga mie instan sebungkus senilai Rp.1000-Rp.2000, kenaikan harganya mencapai 2-3 kali lipat di tahun 2022, padahal baranngya masih sama. Akibatnya daya beli konsumen menurun, para pekerja harus sampai nego gaji mereka setiap hari karena nilai uang yang mereka terima selalu terkuras inflasi tiap harinya.

Arti inflasi sendiri yaitu harga barang semakin naik dan nilai uang menurun akibatnya daya beli masyarakat menurun, pengangguran terjadi dimana-mana, jumlah kemiskinan meningkat.

Pernahkah kamu berfikir mengapa negara tidak mencetak uang sebanyak-banyaknya lalu dibagikan ke masyarakat agar masyarakat bisa hidup dengan layak sehingga harga barang dan nilai uang setara.

Ternyata salah, hal tersebut malah semakin membuat perekonomian di suatu negara menjadi tidak stabil. Hal ini pernah terjadi di Hongaria setelah perang dunia l. Hongaria adalah salah satu negara yang kalah saat perang dunia l. Sebagai negara yang baru saja kalah perang, kondisi ekonominya lumpuh dan anggaran negara juga defisit.

Dalam kondisi tersebut, Hongaria butuh biaya untuk menutupi kekurangan anggarannya sekaligus untuk menggerakan ekonomi negaranya. Saat itu Hongaria mencetak uang sangat banyak lalu disalurkan ke Bank, Perusahaan juga ke masyarakat. Sebelumnya perang dunia l mata uang Hongaria adalah kronen. $1 Amerika setara dengan 5 kronen. Sekitar 10 tahun kemudian tepatnya tahun 1924, $1 Amerika setara dengan 70.000 kronen, hanya dalam 10 tahun nilai tukar kronen terhadap dolar melemah sekitar 1.400.000%.

Hal ini diakibatkan karena pemerintah menyetak banyak uang untuk menutupi kekurangan anggaran negara. Kebijakan itu bahkan terus diberlakukan setelah perang dunia ll. Hongaria membuat kebijakan mencetak uang sangat banyak tujuannya agar ekonominya bisa bangkit lagi setelah perang dunia ll. Akibatnya sebuah petaka yaitu tingkat inflasi yang tertinggi dalam sejarah.

Inflasi tidak hanya berdampak negatif, tetapi juga berdampak positif dan menjadi pelajaran buat kita tentang menghadapi inflasi masa panjang. Solusi mengatasi inflasi masa panjang dengan cara berinvestasi. Investasi adalah mengelolah dana supaya menghasilkan keuntungan jangka panjang, bentuknya bisa bermacam-macam seperti mendirikan usaha, menyimpan emas, menanam saham, termasuk yang cukup menguntungkan yaitu investasi properti.

Investasi properti memiliki keuntungan yang relatif lebih stabil, bertambah seiring berkembangnya wilayah di lingkungan, harga properti juga ikut naik. Selain itu, dalam segi resiko investasi properti bisa dibilang investasi yang paling kecil resikonya, hampir tidak pernah ada yang namanya penurunan harga properti.

Khususnya tanah kavling, disamping capital gainnya yang terus meningkat tiap tahunnya, investasi properti juga memiliki keuntungan lainnya yaitu passive income seperti biaya sewa kontrakan,apartemen dan ruko. Jadi dengan berinvestasi properti, kamu akan punya asset yang nilainya akan terus meningkat.

Respon (1)

Komentar ditutup.