Cegah Penyebaran Covid, Kerumunan Pemuda-Pemudi di Kediri Dibubarkan Satpol PP

KEDIRI, LimaDetik.Com – Dalamrangka mengantisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sejumlah pemuda-pemudi yang sedang berkumpul dan berkrumunan terpaksan harus dibubatkan paksa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP ) Pemerintah Kota Kediri.

Pembubaran dilakukan saat petugas penegak perda di Kota Kediri melakukan patroli sidak protokol kesehatan dan antisipasi gangguan ketentraman dan ketertiban umum (trantibum). Dalam patroli yang dilakukan bersama dengan unsur TNI dan Polri ini, berhasil membubarkan sekelompok muda-mudi yang tampak berkerumun di angkringan, Sabtu (19/6/2021) malam minggu.

Kepala Satpol PP Kota Kediri, Eko Lukmono kepada awak media mengatakan, pembubaran dilakukan di sejumlah tempat tongkrongan yang masih berkrumanan di malam hari pada jam jam yang cukup malam yakni pada pukul 23.00 Wib bersama gabungan TNI-Polri.

“Ada sejumlah titik yang kita bubarkan, disitu ada krumunan atau tumpukan para pengunjung. Kemarin malam (19/6) sejak pukul 23.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB (20/6) kami bersama dengan TNI dan Polri melakukan sidak gabungan” kata Eko.

Eko juga menjelaskan bahwa patroli protokol kesehatan itu dilakukan di beberapa titik, diantaranya di depan Stadion Brawijaya, Jalan Ahmad Yani dan Jalan PB Sudirman.

“Kami meminta para remaja yang berkerumun di angkringan ini untuk tidak membuat kerumunan dan menghimbau mereka untuk segera pulang,” jelas Eko.

Selain itu kata Eko, pihaknya turut memberikan edukasi dan teguran kepada pemilik angkringan agar mematuhi Surat Edaran Walikota Kediri Nomor 188.45/170/419.033/2021 tentang perpanjangan kesembilan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada masa pandemi Covid-19.

Masih kata Eko, patroli gabungan ini digelar sejalan dengan Peraturan Walikota Kediri Nomor. 18 Tahun 2021 perubahan keempat atas Peraturan Walikota Kediri No 32 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan serta implementasi instruksi presiden No. 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kami melakukan kegiatan ini rutin bersama dengan TNI dan Polri sebagai upaya untuk mencegah dan mengendalikan sebaran virus Covid-19 di Kota Kediri,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, petugas juga melakukan patroli dan pemantauan terhadap keberadaan balap liar ketika malam yang seringkali meresahkan masyarakat.

“Tidak hanya patroli rutin, tapi kami juga melakukan patroli skala besar, pemantauan balap liar di tiga wilayah kecamatan yaitu Mojoroto, Pesantren dan Kota,” pungkas Eko.

Ditambahkan, pihaknya mengklaim bahwa selama menjalankan pemantauan, patroli juga sidak protokol kesehatan dan pemantauan balap liar ini berjalan dengan lancar dan kondusif.

(Ary/siberindo.co/red)