banner podcast

Dampak Kemajuan IT bagi Akuntansi dalam Proses Audit

  • Bagikan
Dampak Kemajuan IT bagi Akuntansi dalam Proses Audit
FOTO: Ilustrasi Audit
Banner Iklan

OLEH: Farah Azzahra Putri

LIMADETIK.com – Saat ini perkembangan teknologi di dunia melaju sangat pesat. Hampir semua aspek kehidupan manusia sudah menggunakan teknologi canggih. Perkembangan teknologi ini juga diikuti dengan penyebaran informasi yang cepat dan luas. Dengan pesatnya kemajuan tekonologi ini manusia dapat menjangkau informasi dari berbagai belahan dunia dengan menggunakan suatu alat yang bernama Internet. Dengan internet semua pekerjaan manusia dapat terselesaikan dengan cepat dan efisien.

Semua aspek kehidupan manusia lambat laun akan dikuasai oleh teknologi begitu juga pada bidang akuntansi juga tak luput dari “serangan” kemajuan teknologi ini. Hal ini juga memberikan dampak baik dan buruk bagi kehidupan manusia begitu juga di bidang akuntansi.

Dampak Kemajuan IT bagi Akuntansi

Dampak dari kemajuan teknologi dan informasi terhadap pelaku usaha, baik usaha kecil sampai perusahaan besar pun sangat mengandalkan teknologi informasi untuk mencatat, memproses, dan
melaporkan transaksi yang terjadi sehingga memudahkan berbagai kegiatan bisnis. Karena sejatinya teknologi memanfaatkan pengaturan sistem informasi dengan bantuan komputer yang mampu bekerja dengan cepat, mudah, akurat serta relevan. Hal ini sangat memudahkan para pebisnis dalam memantau usaha mereka setiap saat.

Dengan adanya sistem informasi akuntansi berbasis computer system, bukan berarti tidak ada kendala atau masalah yang dialami oleh pelaku usaha. Hal ini dikarenakan dalam penerapan sistem akuntansi berbasis computer system harus diimbangi dengan kesiapan yang cukup matang mulai dari kesiapan sumber daya manusia sampai kesiapan sumber keuangan atau modal usaha.

Kemajuan teknologi dan informasi juga merambat ke semua aspek kehidupan manusia seperti: Pendidikan, Kesehatan, Keuangan, Politik, Pertahanan Keamanan, dsb. Kemajuan teknologi dan
informasi ini juga berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sistem akuntansi yang mana
dalam pemrosesan data mengalami perubahan dari sistem manual menjadi sistem komputer yang lebih efektif dan efisien.

Dampak Kemajuan IT dalam Proses Audit

Kemajuan teknologi dan informasi juga berdampak pada sistem informasi akuntansi (SIA) yaitu meningkatnya kuantitas serta kualitas informasi dalam pengelolaan pelaporan keuangan. Perkembangan akuntansi yang menyangkut SIA berbasis komputer berpengaruh dalam proses praktik pengauditan karena audit adalah suatu bidang praktik yang menggunakan objek produk akuntansi yaitu laporan keuangan. Proses pengauditan juga mengalami perkembangan seiring perkembangan teknologi. Dengan berkembangnya proses teknologi komputer terciptalah suatu software untuk membantu proses pengauditan maka proses tersebut juga semakin cepat dan efisien.

Dampak dari perkembangan sistem informasi akuntansi (SIA) berbasis komputer inii juga dapat menjadi peuang besar bagi akuntan untuk mempelajari dan menerapkan sistem ini pada proses pengerjaan laporan keuangan. Hal ini juga merupakan sebuah tuntutan bagi para akuntan agar selalu mengembangkan ilmunya mengikuti arus perkembangan teknologi di bidangnya agar tidak tergusur oleh zaman dan tergantikan oleh suatu sistem baru yang lebih canggih.

Adapun manfaat teknologi informasi dalam akuntansi yaitu :
a) Meningkatkan efektifitas kinerja
b) Memperudah akses dan penyebaran Informasi
c) Pekerjaan menjadi mudah dan efisien
d) Meningkatkan kinerja perusahaan
e) Menghemat Biaya; dan
f) Mempermudah komunikasi, koordinasi serta monitoring.

Contoh dari perkembangaan audit saat ini yaitu adanya remote audit atau audit jarak jauh. Audit
jarak jauh ini dilakukan di luar lokasi pekerjaan dan menggunakan bantuan teknologi internet dan
software.

Pelaksaan audit jarak jauh ini dilaksanakan seperti audit pada umumnya yang mana kegiatan ini berisi tentang peninjauan dokumen dan catatan, wawancara dengan karyawan, dan presentasi temuan dengan menggunakan berbagai platform teknologi seperti Webex, Zoom, MS Teams, GotoWebinar, dan lain sebagainya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.