Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Perekonomian Masyarakat Sadulang Besar

Avatar of news.Limadetik
Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Perekonomian Masyarakat Sadulang Besar
FOTO: hanya ilustrasi

Oleh : Delvi Fitriningsih
Mahasiswa Unikama (Prodi PPKn)

_________________________________

Abstrak
Pada jaman modern sekarang ini, banyak manusia yang membutuhkan suatu alat bantu praktis, untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatannya. Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri.

Upaya yang dilakukan ini, agar kita tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan aktifitas yang melelahkan. Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya teknologi, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya teknologi tersebut, yang akan dapat membahayakan manusia itu sendiri.

Kata kunci: Teknologi, perekonomian.

Pendahuluan
Dalam perekonomian suatu negara, saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Banyak berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Namun sekali lagi, perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif. Dimana masih banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan kejahatan. Dengan demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.

Masyarakat Sadulang besar dalam mengembangkan perekonomian di daerah nya, dengan mengunakan berbagai media sosial di antaranya, facebook, Instagram, dan whatsaap. Yang sering digunakan oleh masyarakat setempat yaitu facebook. Ini saat mendorong tumbuhnya wirausaha baru untuk berbisnis secara online serta mempermudah masyarakat dalam berbelanja maupun berdagang. Bisnis online tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang dan makan, tetapi juga hingga layanan jasa lainnya.

Menurut para ahli, mengenai kewirausahan adalah proses seorang individu maupun kelompok individu yang menggunakan cara terorganisir dan peluang yang menciptakan nilai untuk tumbuh, memenuhi kebutuhan, dan kegiatan dengan inovasi dan keunikan, dan tidak peduli dengan sumberdaya yang digunakan.

Dampak positif dari perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi

Dampak Positif
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
Terjadinya industrialisasi Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.

Maka dengan itu kita mengajak kaum muda saat ini untuk menjalani habitus baru ini yaitu berupa habitus di era digital saat ini, dengan bagaimana bisa memanfaatkan internet untuk pengetahuan dan meningkatkan perkembangan ekonomi dengan mempergunakan dengan sebagai mestinya.

Respon (1)

Komentar ditutup.