banner podcast

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Lembaga Keuangan Syariah

  • Bagikan
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Lembaga Keuangan Syariah
FOTO: Ilustrasi
Banner Iklan

Penulis : Muhamad Rizky Akbary
Universitas Muhammadiyah Malang

Pada awal maret 2020, di Indonesia sudah terdampak wabah yang sangat besar yang telah menghantui dunia yaitu virus corona atau biasa di bilang covid 19. Wabah ini telah menyebabkan gangguan pernapasan akut pada manusia. Wuhan adalah tempat di mana wabah ini mulai harus memutuskan di lockdown demi memperlambat laju penyebaran Virus Covid 19. Banyak negara yang sudah mengambil keputusan cukup sulit kepada warganya untuk melakukan lockdown di negara masing masing.

Indonesia tidak mau mengambil keputusan karena akan berdampak terhadap stabilitas ekonomi negara. Namun reaksi pasar tanpa lockdown ternyata tetap mempengaruhi stabilitas ekonomi di Indonesia. Berikut adalah Dampak pandemic covid 19 terhadap Lembaga keuangan Syariah:

1. Dampak bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
UMKM menjadi salah satu sector yang sangat diminati warga Indonesia sejak terjadinya pandemic covid 19. Pemerintah atau kementrian koperasi dan UMKM belum mengeluarkan pernyataan pasti terkait kerugian yang disebabkan wabah covid 19 terhadap sector UMKM. Tapi jika melihat lambatnya pertumbuhan ekonomi di tahun 2020 menjadi 4,2% maka kontribusi yang dihasilkan oleh sector UMKM pada PDB akan berkurang drastic sebesar 23% atau senilai Rp. 1,626 Triliun. Sektor usaha mikro telah menjadi salah satu sector yang paling rentan terhadap lambatnya pertumbuhan ekonomi karena diseabkan oleh sector mikro menjadi sector yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar pada usaha UMKM ini yaitu
sebesar 98% atau 63 juta unit usaha dan menyerap sekitar 107 juta tenaga kerja. Sehingga kebijakan kebijakan yang akan diterapkan pemerintah Indonesia berupa lockdown akan sangat berdampak pada penurunan penjualan pad sector usaha mikro kecil menengah.

2. Dampak bagi Pekerja Rentan
Pekerjaan rentan adalah pekerja yang bekerja secara mandiri, pekerja yang membantu keluarganya, buruh harian dan pengusaha yang dibantu oleh pekerja tanpa upah. Oleh karena itu pekerja rentan yang sangat tinggi pada kesehatannya dan ekonominya karena wabah COVID 19 ini.

Pandemi Covid 19 akan membuat pendapatan perusahaan berkurang drastis dan
mengakibatkan perusahaan tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar gaji para karyawan perusahaan tersebut. Sehingga banyaknya pekerja akan dipulangkan kerumah dan mengakibatkan rumah tangga tidak memiliki biaya untuk konsumsi. Jika hal ini tidak segera diatasi maka akan sangat berdampak pada perekonomian masyarakat.

3. Dampak bagi Pelaku Usaha Pariwisata
Sektor pariwisata di Indonesia setidaknya memberikan kontribusi sebesar 9% terhadap produk domestic bruto (PDB) Indonesia, Dan salah satu sector yang menerima dampak paling besar dalam pandemic covid 19 ini. Abdila (2020) Menyampaikan informasi dari Menteri pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, yang menyebutkan terdapat jutaan pekerjaan di sector pariwisata, yang tidak terbatas di perhotelan,restoran, event organizer, atau travel agency, melainkan unit unit informal lain seperti sector UMKM. Dampak covid 19 yang paling parah adalah bahwa sector pariwisata dapat berimbas pada pemutusan hubungan kerja (PHK) besar besaran pada karyawan yang bekerja disana. Dan akan menambah banyak sekali pengangguran di Indonesia.

Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil sebagai penulis adalah dampak terbesar dari isu COVID 19 adalah melemahnya ekonomi suatu bangsa. Tetapi lemahnya ekonomi tidak hanya akan membuat industry lesu. Anggaran negara yang di deficit tapi juga banayak pekerja formal yang beralih jadi pekerja rentan, sedangkan pekerja rentan kehilangan pekerjaannya dan beralih menjadi membuka UMKM dan UMKM di Indonesia juga kondisinya sedang tidak baik baik saja. Oleh karena itu dampak pandemic covid 19 pada Lembaga keuangan Syariah akan sangat parah jika masalah ini akan terus berlanjut. Meningkatnya penggangguran dan menurunnya pendapatan ekonomi masyarakat akan menjadi salah satu factor utama yang harus dipertimbangkan dalam pembahasan kali ini.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.