Dana CSR Diberikan Untuk Pengembangan Usaha Masyarakat, Bukti Transparansi Mas Tamam

Dana CSR Diberikan Untuk Pengembangan Usaha Masyarakat, Bukti Transparansi Mas Tamam
FOTO: Bupati Baddrut Tamam (kiri) bersama Manager PT.Taspen KC Pamekasan, Yoka Krima Wijaya

PAMEKASAN, LimaDetik.Com – Pemberian dana CRS untuk pengembangan usaha masyarkat merupakan sebuah keseriusan dan bukti transparansi Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam meningkatkan taraf perekonomian melalui strategi desa tematik pada program wira usaha baru (WUB).

Hal tersebut dibuktikan Mas Tamam sapaan akrab Bupati Pamekasan tersebut dalam memanfaatkan dana corporate social responsibility (CSR) dari PT. Taspen KC Pamekasan untuk pengembangan WUB masyarakat yang sebelumnya telah mendapat pelatihan dari pemerintah kabupaten (pemkab), dengan diberi alat dan bantuan modal dalam menggenjot kretaifitas masyarakat dalam berusaha secara mandiri.

“Alhamdulillah Taspen juga ingin memberikan pinjaman kemitraan strategis dengan pemerintah setelah tadi membantu alat produksi. Taspen ingin memberikan tambahan modal dengan bunga 3 persen selama setahun,” kata Bupati Baddrut Tamam, usai pertemuan di Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan, Senin (5/4/2021).

Mas Tamam juga menyampaikan, bahwasanya PT. Taspen memberikan tambahan alat produksi untuk WUB dengan nilai total Rp 100 juta. Sebab, beberapa WUB hasil binaan Pemkab Pamekasan telah mampu memproduksi sarung, sepatu, songkok dan beberapa produk lain sesuai dengan pelatihan yang mereka ambil.

“Pemerintah Kabupaten Pamekasan telah membangun kemitraan strategis antara Taspen dimana beberapa orang sudah jalan WUB-nya. Minggu ini Taspen akan berkumpul dengan WUB untuk membicarakan soal pinjaman itu. Bukan lagi bantuan, tetapi pinjaman dengan skema bunga yang kecil,” tandasnya.

Melalui ini, mantan anggota DPRD Provinsi Jatim itu berharap, agar masyarakat nantinya dapat membeli produk khas Pamekasan guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat bumi Gerbang. Karena menurutnya, peningkatan ekonomi merupakan target utama dari program yang telah dicanangkan.

“Saya berharap, nanti seluruh masyarakat di sini bisa mencintai produk dalam negeri dan produk Pamekasan. Cara inilah yang sedang kita dorong. Syukur nanti, pakaian anak kita, sarung, tas, songkok, dan sandal dari produk Pamekasan,” harap bupati milenial tersebut.

Sementara itu, pihak PT. Taspen KC Pamekasan, melalui Branch Manager nya, Yoka Krima Wijaya mengatakan, pihaknya memberikan CSR kepada Pemkab Pamekasan untuk bersama-sama mendukung program peningkatan ekonomi. CSR itu diberikan dengan bentuk alat, diantaranya 5 unit mesin sablon, 1 unit pengering kripil dengan total CSR Rp 100 juta.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Pamekasan yang selama ini membangun sinergitas demi kemajuan daerah. Mengingat salah satu tugas dari instansinya adalah membantu meningkatkan usaha kecil menengah agar berkembang sehingga mampu menopang perekonomian masyarakat.

“Kami haturkan banyak terimakasih kepada Pemkab Pamekasan, karena dengan sinergitas antara Taspen dengan Pemkab Pamekasan yang sangat luar biasa, support dari pak bupati juga, mendukung layanan taspen memberikan perlindungan kepada ASN dan non ASN di lingkungan Pemkab Pamekasan,” tukasnya.

(adv/arif/yd)