DBHCHT Tahun 2022 Dongkrak Fasilitas RSUD Sumenep

Avatar of news.Limadetik
DBHCHT Tahun 2022 Dongkrak Fasilitas RSUD Sumenep
FOTO: RSUD dr H. Moh Anwar Sumenep

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022, akan digunakan untuk mendongkrak fasilitas kesehatan, di Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh Anwar Sumenep.

Pada tahun 2022, DBHCHT yang diterima oleh RSUD Moh Anwar senilai Rp 2.4 miliyar, dan akan digunakan untuk menambah fasilitas canggih, agar pasien merasa nyaman saat sedang dirawat di RSUD Setempet.

Hal itu disampaikan oleh, Arman Endika Putra, Humas RSUD Moh Anwar Sumenep. Menurutnya, fasilitas canggih tersebut, berupa kendaraan Mobile X Ray (alat yang berfungsi untuk mendiagnosa penyakit pada organ tubuh bagian dalam dengan bantuan sinar)

“Anggaran milyaran rupiah yang bersumber dari DBHCHT tersebut, akan digunakan untuk menambah sejumlah fasilitas canggih, guna menunjang kenyamanan pasien, fasilitas yang saat dalam tahap pengadaan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) diantaranya Mobile X Ray. Alat ini hadir untuk memaksimalkan pelayanan pasien yang ada di IGD,” ungkap Arman.

Manfaat alat ini. Pasien, tidak perlu lagi dibawa ke ruang radiologi untuk dilakukan pemeriksaan, karena alat ini, akan datang langsung, keruang atau tempat pasien dirawat.

Fasilitas lain, yang juga akan disediakan melalui anggara DBHCHT tahun 2022 adalah, berupa alat suction pump mobile (alat yang digunakan untuk menghisap berbagai jenis cairan).

“Suction pump mobile, nantinya difungsikan, sebagai alat penyedot cairan untuk pasien yang dioperasi. Alat ini, digunakan tidak hanya di meja operasi, tapi praktis, termasuk di perjalanan, bisa dibawa di ambulance,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Arman, akan hadir juga alat untuk anastesi, alat ini akan memonitor pemberian obat secara otomatis bagi pasien yang dirawat di RSUD Moh Anwar.

“Pada umumnya, pemberian obat melalui jarum suntik, namun melalui alat anastesi itu, akan bekerja dengan cara tetes. Maka, keluarga pasien bisa dipandu secara mandiri untuk menggunakan alat tersebut, dan secara otomatis akan menyalurkan obat,” papar Arman.

Lebih dalam, Arman mentargetkan,bahwa ketersediaan fasilitas kesehatan tersebut, sudah dapat dinikmati warga Sumenep, pada akhir tahun 2022.

“InsyaAllah, tanggal 20 November 2022, sudah sampai di RSUD Moh Anwar, dan Desember nanti, semoga sudah bisa dimanfaatkan untuk melayani masyarakat Sumenep,” demikian kata Arman.