Demi Kesehatan Masyarakat Jokowi Larang Untuk Membeli Rokok Ketengan

Avatar of news.Limadetik
Demi Kesehatan Masyarakat Jokowi Larang Untuk Membeli Rokok Ketengan
Rokok Ketengan

Oleh : Abbas Bukhari
NIM : 202010170311132
Prodi : Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

_____________________________

ARTIKEL – Presiden Jokowi telah menerbitkan sebuah aturan terhadap masyarakat dimana ini adalah sebuah aturan yang sangat banyak pertentangan di masyarakat. Presiden Jokowi telah mengeluarkan aturan tentang larangan penjualan rokok batangan atau ketengan, dimana ini dikatakan oleh Presiden Jokowi untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Itu kan untuk menjaga kesehatan masyarakat “ kata Jokowi dalam kunjungannya di Kota Subang yang berada pada video youtube Sekretariat Presiden, Selasa (27/12/2022).

Presiden Jokowi menjelaskan tentang beberapa negara yang sudah melarang adanya rokok, Namun hanya di Indonesia saja rokok masih sebatas pelarangan penjualan rokok batangan atau ketengan.

Larangan penjualan rokok ketengan ini akan dikeluarkan di tahun 2023. Kemudian rencana aturan ini tertuang dalam Kepres Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023 yang di dalamnya tercantum rencana untuk merevisi Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 soal Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin juga ikut memberikan tanggapannya terhadap aturan tentang larangan penjualan rokok ketengan ini, bahwa ini adalah salah satu langkah yang ditempuh oleh Pemerintah dalam menjalankan amanat dari Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Dan Wapres juga menekan kepada seluruh jajaran pemerintah di setiap daerah untuk terus memantau aturan ini sebagai implementasi di lapangan baik dari sisi sosialisasi dan penjualan rokok ketengan.

Dengan adanya aturan ini tidak banyak masyarakat yang mendukung seperti dari sisi pedagang kecil di setiap daerah ini akan menyebabkan penurunan pemasukan dan bisa mematikan pedagang kecil yang biasanya berjualan rokok ketengan atau batangan.

“Kalau rokok eceran dilarang, ini kasihan pedagang kecil yang jualan rokok, yang akan terdampak justru yang kecil. Terkadang pendapatan mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari hari dari hasil jualan rokok itu “ ujar Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, Rabu (28/12/2022).

Mestinya Pemerintah saat ini mengaluarkan kebijakan yang dimana itu dapat mendukung masyarakat tidak malah membuat masyarakat merasa rugi sedangkan saat ini dan tahun kedepan akan terjadi krisis ekonomi. Atau pemerintah dapat memperhatikan untuk penjualan rokok ketengan tidak di lingkungan sekolah atau di lingkungan yang dimana itu terdapat lingkungan anak kecil.

Sekarang ini sangat banyak anak kecil yang mulai menjajaki membeli rokok ketengan tanpa adanya pengawasan dari orang tua, sehingga ini adalah suatu hal yang harus benar benar diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar.

Dari segi pengusaha aturan untuk pelarangan penjualan rokok ketengan ini akan menekan penghasilan dan produksi pengusaha industri tembakau di tengah regulasi yang masif dan eksesif. Memang kalau dilihat di pergaulan sekitar kita banyak sekali toko toko kecil yang menjual rokok ketengan secara bebas hal ini tidak luput dari permintaan para pembeli yang menginginkan pembelian secara perbiji.

Kemudian dari faktor lain juga dapat diambil dari anak anak yang sudah mulai suka merokok yang mana mereka membeli rokok hanya bisa dengan harga yang terjangkau, dengan adanya penjualan secara ketengan anak anak juga bisa membelinya tanpa harus membeli secara per bungkus.