Desain Produk Sebagai Daya Penarik Konsumen

Avatar of news.Limadetik
Desain Produk Sebagai Daya Penarik Konsumen
FOTO: Azzahra Anandhita

OLEH : Azzahra Anandhita
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

_____________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Pada zaman sekarang, sedang ramai oknum berlomba-lomba untuk memiliki kegiatan usaha. Salah satu kegiatan usaha yang sedang digandrungi anak muda ialah membuka warung kopi dengan gaya zaman sekarang.

Warung kopi yang dahulunya hanya sebuah ‘warung’, kini telah berkembang menjadi sebuah tempat yang berkonsep. Konsep-konsep yang disediakan oleh tempat kopi zaman sekarang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Tempat kopi yang dahulunya hanya menjadi sebuah tempat untuk mengobrol, kini bisa menjadi tempat multifungsi.

Selain konsep yang diberikan, tempat kopi kini memberikan desain-desain yang menarik untuk ditampilkan pada kemasan mereka. Desain produk merupakan sebuah proses dalam mengidentifikasi peluang pasar, mencari tahu sumber permasalahan, menciptakan jalan keluar dari masalah tersebut, dan meminta validasi dari audiens.

Desain produk tentunya harus memiliki konsep yang menarik agar konsumen dapat tidak hanya dapat menikmati rasa yang disajikan namun juga menjadi objek yang menarik untuk dipandang.

Konsep desain produk yang sedang ramai sekarang adalah konsep industrial. Dimana bangunan dibuat setengah jadi dan memperlihatkan batu bata yang sudah disatukan. Konsep ini sedang ramai dinikmati oleh kalangan anak muda, dimana konsep desain ini dianggap trendy.

Masih dalam bidang tempat kopi, cara lainnya untuk menarik konsumen ialah dengan mencantumkan nama di gelas kopi yang dipesan oleh konsumen. Hal ini tentunya juga akan menarik minat konsumen untuk membeli minuman.

Tahapan desain produk ialah brainstorming, verifikasi ide, perencanaan bisnis, pengembangan produk dan pengujian. Brainstroming ialah tim akan memiliki pemahaman tentang produk umum yang ingin mereka buat dan di sinilah ide itu disempurnakan.

Verifikasi ide adalah diverifikasi terhadap ide-ide lain dalam batch dan solusi pasar saat ini untuk melihat seberapa dapat ditindaklanjuti mereka. Lalu masuk ke tahapan perencanaan bisnis, pengembangan produk dan pengujian.

Jadi, jika anda ingin memulai kegiatan bisnis anda, pastikan anda telah melakukan tahapan diatas. Pilihlah konsep yang menarik untuk produk anda sehingga konsumen tidak kecewa. Pilihlah konsep yang sekiranya para konsumen akan terus mengingat produk anda. Konsep yang unik dan menarik tentunya akan menjadi ciri khas bagi produk anda