Di Taman Rekreasi Sengkaling, UMM Divisi Center of Excellence Bicara Peran Dunia Bisnis

Avatar of news.Limadetik
Di Taman Rekreasi Sengkaling UMM Divisi Center of Excellence Bicara Peran Dunia Bisnis
FOTO: Narasumber International Seminar and Business Network

LIMADETIK.COM, MALANG – Di Taman Rekreasi Sengkaling UMM, Divisi Center of Excellence Kelas Unggulan Anggrek Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM bersama DPW Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Jawa Timur, bicara peran dunia bisnis.

Kegiatan bertajuk “The Contribution of Orchids Agribusiness to National Development,” dikemas dalam bentuk International Seminar and Business Network, atau outdoor meeting, di Taman Rekreasi Sengkaling UMM. Senin (26/9/2022).

Tujuan kegiatan, yang diikuti, sebanyak 100 orang pelaku bisnis anggrek, peneliti, dosen, dan mahasiswa itu, adalah untuk menegaskan peran bisnis anggrek, sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia bahkan dunia.

Mr Kesavan Gopalan selaku The President of Orchids Society of South East Asia (OSSEA) sekaligus pegiat anggrek Asia Tenggara menggambarkan, cara menyemarakkan bisnis anggrek di Singapura.

“Anggrek, kini menjadi puspa eksotis yang menjadi ciri khas Singapura,” kata Mr Gopala memancing semangat peserta.

Sementara, Prof. Dr. Manohar Mariappan menjelaskan, bagaimana konservasi anggrek luar indonesia, yaitu di Malaysia.

“Dibutuhkan kesadaran semua pihak, untuk mencintai anggrek, agar bunga yang indah ini tidak punah” ungkap dosen di UPM Malaysia itu.

Ditambahkan, Joko As’ad, pihaknya menjelaskan tips dan trik bisnis anggrek bagi pemula, dari aspek pengembangan dan memperluas jaringan.

“Bisnis anggrek terbuka luas, tidak pernah sepi, berkelas, bahkan merupakan hal yang menarik. Tren ini perlu disambut baik dan dibaca sebagai peluang bisnis unggulan oleh masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa,” jelas pebisnis anggrek di PT Ekakarya Graha Flora dihadapan ratusan Mahasiswa.

Ibu Retno, peserta sekaligus pengurus PAI Jawa Timur, tuturkan kesan mendalam, dengan adanya kegiatan seminar dan temu bisnis ini.

“Acara ini, semakin menegaskan peran Indonesia, sebagai negara yang ikut berperan dalam konservasi dan bisnis anggrek. Semoga Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM, mampu menjadi bagian strategis dan berperan aktif secara kelembagaan dan keilmuan,” tuturnya.

Melihat kegiatan tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Associate Profesor Dr. Fauzan berharap, acara tersebut, dapat difungsikan menjadi penegasan kepada khalayak, bahwa UMM adalah kampus terkemuka yang mampu membaca selera pasar dan membuka peluang bisnis yang sangat menarik, yaitu anggrek.

“UMM sebagai kampus unggulan di level dunia, terus terlibat dalam kerja-kerja intelektual, mencipta entrepreneur muda di bidang anggrek, dan menjadi titik lahirnya pebisnis atau entrepreneur dan periset anggrek skala dunia.” pungkasnya.