Diduga Mark Up Harga, Ratusan Warga Tlogosari Kembalikan Kompor Bantuan

BONDOWOSO, Limadetik.com – Ratusan warga di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari berbondong-bondong mengembalikan bantuan kompor dari Dana Desa (DD).

Kejadian tersebut dilakukan warga yang mayoritas ibu-ibu karena menganggap kwalitas kompor tersebut rendah dan dikhawaturkan membahayakan keselamatan.

Menurut salah satu warga yang tak mau disebutkan namanya, total realisasi kompor sebanyak 435 dengan pendistribusian tahap pertama sekitar 285 kompor.

Baca juga: Terseret Arus Waktu Bermain di Selokan, Bocah Perempuan Ditemukan Tak Bernyawa

Kompor-kompor tersebut dikembalikan karena, harganya terlalu murah dan tidak sesuai Berita Acara Serah Terima Barang. Dimana dengan harga itu harusnya dapat kwalitas kompor yang sangat layak. Namun ini justeru direalisasikan oleh PJ Kades dengan kwalitas buruk.

“Harganya terlalu murah mas dan tak sesuai berita acara” katanya pada Limadetik.com, Rabu (1/12/2021).

Juga dikatakan, satu kompor dua tungku itu harga aslinya kisaran 150 an ribu rupiah. Namun dalam Berita Acara Serah Terima Barang tertulis Rp. 350.000,00.

“Untuk penanggung jawab pengadaan barang harusnya sekdes dan bendahara namun, mereka sepertinya hanya dijadikan formalitas. Sementara untuk pelaksana kegiatannya ini Kasi PMD yang memang anak dari PJ Kades” ungkapnya.

Dikonfirmasi via telpon Camat Tlogosari, Hendrik Feri hanya menjawab singkat.

“Masalah ini lagi rapatkan dengan PJ Kades, Sekdes dan Operator Desa” kata Hendrik singkat.