Diduga Menjadi Ajang Mark Up, Proyek DD di Desa Sumber Salam Disorot LSM KPK

Avatar of news.Limadetik
Diduga Menjadi Ajang Mark Up, Proyek DD di Desa Sumber Salam Disorot LSM KPK
FOTO: Ketua DPP LSM LKPK Bondowoso, Mashur, R

LIMADETIK.COM, BONDOWOSO – LSM KPK Nusantara menyoroti salah satu proyek fisik saluran irigasi di Desa Sumber Salam, Kecamatan Tenggarang. Diduga proyek tersebut terkesan menjadi ajang Mark Up.

Diketahui, proyek saluran irigasi tersebut merupakan Program Kepala Desa Sumber Salam yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022.

Ketua DPP LSM KPK Bondowoso, Mashur R, mengatakan bahwa pihaknya terjun langsung kelapangan dan melihat langsung pekerjaan proyek tersebut.

“Oknum Kades Sumber Salam diduga telah melakukan Mark Up, terlihat dari fisik yang diduga tidak sesuai juklak dan juknisnya bahkan dilokasi titik proyek saat kami melakukan investigasi menemukan beberapa temuan” kata Mashur saat ditemui Limadetik.com, Rabu (3/8/2022) malam.

Adapun temuan seperti semen yang digunakan adalah jenis semen cap Singa Merah yang di menejement kontrak diduga tidak tercantum.

Diduga Menjadi Ajang Mark Up, Proyek DD di Desa Sumber Salam Disorot LSM KPK
FOTO: Proyek DD Desa Sumber Salam

“Bukan hanya itu, kita juga menemukan sejumlah batu yang digunakan adalah batu piring, yang seharusnya memakai batu pecah sungai” sambungnya.

Bahkan dalam pengerjaan, tidak ditemukan mesin pengolah campuran/ mesin molen, dan masih banyak lagi temuan temuan yg patut untuk dikoordinasikan dengan pihak pihak terkait seperti Tipikor polres maupun kejaksaan.

Dirinnya menambahkan bahwa pihaknya akan segera melakukan tindakan kepada pihakn berwajib.

“Saya tidak akan segan segan atau ragu sedikitpun terkait sikap saya pribadi selaku wakil masyarakat untuk melakukan pelaporan ke pihak terkait” tegas Mashur yang juga warga Desa Sumber Salam tersebut.

Ia pun memaparkan, anggaran yg digunakan sebesar kurang lebih Rp.156 hjuta lebih. Dengan volume 185 meter lebih untuk panjangnya dan ketinggian kurang lebih 0,6 meter.