Dinkes Sampang Pastikan, Stok Vaksin Cukup Hingga Vaksinasi Tahap 2 Kelar

Dinkes Sampang Pastikan, Stok Vaksin Cukup Hingga Vaksinasi Tahap 2 Kelar
FOTO: Ilustarsi vaksin covid-19

SAMPANG, LimaDetik.Com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur memastikan bahwa ketersediaan vaksin Corona Virus Desease (Covid)-19 di Kabupaten Sampang tak mengalami kekurangan hingga tahap 2 selesai.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Plt. Kepala Dinkes Sampang, Agus Mulyadi SKM, M.Kes melalui Kepala Bidang  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr. Yuliono M.Kes saat di konfirmasi awak media Limadetik.com via telepon seluler pada Kamis (20/05/2021) siang.

Yuliono mengatakan, ketersediaan vaksin di Kabupaten Sampang masih cukup. Karena vaksin yang dikirim oleh Dinkes Provinsi Jawa timur (Jatim) disediakan sampai cukup dan tidak boleh berlebihan.

“Tapi kalau saya itung-itung, sampai sasaran yang disarankan oleh pemerintah, ini masih cukup” tandasnya.

Ditambahkannya, untuk pengiriman dan pemesanan vaksin berbeda dari sebelumnya.

“Kalau yang awal-awal sampai yang kemarin tuh diantar oleh Dinkes Prov. Jatim dan dikawal oleh Polda Jatim, nah yang sekarang tuh dikirim oleh jasa pengiriman khusus. Prosedur pemesananpun beda, kalau kemarin itu buat permintaan ke Prov. Jatim, tapi kalau sekarang sudah pakai aplikasi” ungkapnya.

Disinggung terkait vaksin AstraZeneca yang ditarik oleh pemerintah serta adanya varian baru Covid-19, pihaknya menjelaskan bahwa untuk AstraZeneca yang produk CTMAV547 Prov. Jatim tidak mendapatkan itu.

“Provinsi Jatim hanya mendapatkan batch CTMAV 545 dan 546. Dan itu tidak termasuk ke dalam AstraZeneca. Yang ditarik itu untuk DKI dan Sulawesi” paparnya.

Sementara untuk varian baru Covid-19 yakni B117 asal inggris dan B1351 asal Afrika Selatan yang mendiagnosa, menentukan, dan yang mengelola adalah Provinsi Jatim.

Pihaknya berharap, masyarakat tetap mematuhi 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Terhadap orang-orang yang terindikasi dan terinfeksi Covid-19 varian baru itu pencegahannya hampir sama, yaitu tetap menjaga 3M atau 5M. Patuhi Prokes” pungkasnya.

Berikut data stok vaksin per tanggal 19 Mei 2021 :

(1) . AstraZeneca :
20 vial AZ (dosis 1) no. batch CTMAV516 ED Mei 2021.

(2). Multi Dose :
39 vial no. batch 24001521 ED 16 Agust 2021.

150 vial no. batch 24002621 ED Sept 2021

Total stok vaksin :
1. AZ 20 vial
2. Multi dose 189 vial

(MDS/YD)

Respon (1)

Komentar ditutup.