Distribusi Barang, Jenisnya, dan Keuntungan dalam Menggunakan Metode

Avatar of news.Limadetik
Distribusi Barang, Jenisnya, dan Keuntungan dalam Menggunakan Metode
FOTO: Imam Mawardi

OLEH : Imam Mawardi
PRODI: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

________________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Distribusi merupakan cara bagaimana suatu perusahaan dalam memasarkan produknya mulai dari barang tersebut jadi hingga sampai kepada konsumen. Barang yang sudah jadi tidak serta merta langsung sampai pada konsumen melainkan ada proses selanjutnya. Barang yang sudah jadi akan dikelola dalam proses lain yang dikenal dengan nama distribusi. Proses ini merupakan bagian dari langkah perusahaan tentang metode pengantaran barang kepada konsumen secara tepat. Distribusi inilah yang menjadi langkah akhir dari perusahaan kepada konsumen.

Sebagai pemegang proses akhir, dalam melakukan proses distribusi terdapat cara-cara tertentu dalam mengantarkan barang. Metode dalam distribusi mempengaruhi penjualan dan juga target konsumen. Berdasarkan beberapa aspek tersebut, penting untuk menentukan proses distribusi pada konsumen. Cara dalam distribusi sendiri ada 3 yaitu metode distribusi insentif distribusi selektif, dan metode distribusi eksklusif.

Metode intensif merupakan salah satu cara yang biasa digunakan perusahaan apabila ingin memastikan produknya tersebar secara luas sehingga bisa memperoleh hasil penjualan yang banyak . Di samping itu ada metode selektif yang dapat menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin menguasai pasar dengan cara memanfaatkan posisi geografis dan juga sifat pasar dari para konsumen.

Cara yang terakhir ada metode eksklusif yang biasa digunakan oleh perusahaan bergengsi untuk menciptakan kelangkaan dan juga merek pada produknya. Dengan sedikitnya barang yang tersebar pada distributor bisa meningkatkan nilai barang tersebut sehingga harga bisa melambung tinggi.

Beberapa perusahaan besar di Indonesia kebanyakan sudah menerapkan strategi distribusi, contohnya PT Garudafood. Dapat dilihat bahwa produk Garudafood seperti kacang pilus garuda banyak tersebar disetiap supermarket dan juga toko sekitar rumah kita menjual produk tersebut. Berdasarkan banyaknya produk tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwasanya Garudafood menggunakan metode distribusi intensif berdasarkan dari banyaknya produk dari garuda food yang tersebar di toko dan supermarket.

Perusahaan yang ingin mempertahankan kualitas dengan cara mengandalkan wilayah geografis untuk membangun usaha biasanya akan memilih metode selektif . Contoh usaha dalam penggunaan metode ini adalah Gucci. Dalam menawarkan barang, Gucci memang tidak menawarkan barang yang banyak dibandingkan dengan usaha yang menggunakan metode intensif.

Namun, fokus dari perusahaan yang menggunakan metode selektif lebih mengacu pada pasar konsumen yang dituju sehingga target penjualan sesuai dengan konsumen. Pemilihan tersebut selain bertujuan untuk memperoleh keuntungan juga untuk membangun pondasi konsumen. Dengan adanya pondasi tersebut maka penjualan dapat berjalan dengan stabil.

Di samping perusahaan yang menggunakan metode insentif dan selektif, ada juga yang menjual produk dengan cara distribusi eksklusif. Perusahaan yang memanfaatkan ini adalah jenis usaha yang memiliki brand barang mahal seperti Lamborghini. Sesuai dengan metode selektif, Lamborghini tidak menjual banyak seperti perusahaan pada umumnya karena barangnya sangat dibatasi.

Maksud dari hal tersebut ditujukan untuk menimbulkan kelangkaan terhadap suatu barang yang memiliki brand dengan harga tinggi bahkan untuk distribusi kepada pihak penjual diawasi langsung oleh pihak perusahaan. Tujuannya dimaksudkan agar penjualan tidak melebihi target yang sudah disepakati dan mempertahankan aspek kelangkaan.

Distribusi merupakan salah satu bagian yang menjadi proses dalam produksi barang. Proses Penjualan tidak akan berjalan tanpa adanya distribusi. Oleh karena itu, perusahaan sangat memperhatikan tahapan ini.

Proses ini merupakan langkah perusahaan tentang metode distribusi barang kepada konsumen secara tepat. apabila langkah distribusinya tepat maka dapat berdampak baik pada penjualan dan juga stabilitas perusahaan.