banner podcast

Ditunjuk BPS Pusat, Penambangan Jadi Desa Sadar Statistik, Wabup: Ini Penting dalam Perencanaan Proses Pembangunan

  • Bagikan
Ditunjuk BPS Pusat, Penambangan Jadi Desa Sadar Statistik, Wabup: Ini Penting Dalam Perencanaan Proses Pembangunan
FOTO: Wabup Bondowoso bersama BPS Pusat
Banner Iklan

BONDOWOSO, LimaDetik.Com – Desa Penambangan Kecamatan Curahdami merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Bondowoso yang terpilih atau ditunjuk oleh BPS Pusat untuk menjadi Desa Sadar Statistik Tahun 2021.

Ada 100 Desa untuk tingkat Nasional yang ditunjuk oleh BPS Pusat, sedangkan untuk tingkat Jawa Timur ada 6 desa.

Martha Suprihatin, Kepala Desa Penambangan membenarkan bahwa desanya adalah salah satu dari 6 desa se Jawa Timur yang ditunjuk BPS sebagai desa sadar statistik.

“Benar, desa Penambangan adalah satu-satunya di Kabupaten Bondowoso yang ditujuk BPS” kata Martha usai kegiatan Pengukuhan dan Peninjauan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), Senin (12/4/2021).

Menurut Kades wanita ini, bahwa BPS Jatim akan membantu pihaknya dalam memfasilitasi pengolahan data di Desa Penambangan yang sesuai dengan kategori statistik.

Baca juga: Bupati Salwa Sampaikan Ucapan Terima Kasih Pada Sejumlah PNS yang Purna Tugas

“Tujuannya mungkin suatu saat, kegiatan pembangunan, bantuan atau pun hal yang lain, bisa tetap sesuai sasaran, bisa nyambung dengan potensi yang ada didesa” lanjut Kades dua periode ini.

Sementara itu, Wakil Bupati H Irwan Bachtiar Rahmat menyebutkan bahwa Desa Cantik selain merupakan program nasional, tentunya juga untuk menjadi satu Indonesia. Yang menurutnya hal tersebut merupakan langkah tepat.

“Di Bondowoso memang berkeinginan membangun satu data. Sehingga proses perencanaan pembangunan itu betul-betul berbasis masyarakat” katanya pada awak media.

Dijelaskan pula, dalam memperkuat satu data Indonesia adanya program yakni Desa Cantik (Desa Cinta Statistik). Sehingga yang nantinya akan dilakukan edukasi oleh BPS, disetiap Desa bisa mengumpulkan, menganalisa dan mentabulasi data.

“Bukan hanya Desa Penambangan yang terpilih sebagai desa cantik, nanti desa-desa yang lain harus juga cinta statistik. Karena ini merupakan satu kebutuhan kita dalam proses perencanaan pembangunan, utamanya di Kabupaten Bondowoso” lanjut Wabup.

Dari pantauan Limadetik.com, ada beberapa inovasi di Desa Penambangan ini, yakni diantaranya Tiang Pintar yang merupakan bidang keamanan masyarakat. Yang berada salah satu sudut yang rawan.

Dimana Tiang Pintar tersebut telah dilengkapi dengan surya panel, CCTV dan bohlam emergency.

Selain itu inovasi yang lain ialah, Rumah Edukasi yang terletak di Dusun terpencil, namun telah dilengkapi dengan jaringan internet dan perpustakaan mini, dan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk bisa melangsungkan kegiatan belajar dan mengajar.

Pemerintah Desa Penambangan Kecamatan Curahdami ini pun memfasilitasi jaringan internet secara gratis yang telah tersebar di setiap dusun. Dan inovasi lainnya, seperti Aplikasi Pintar.

(budhi/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.