Eksibisi Gateball Bondowoso, Kadisparpora : Kami Akan Fasilitasi Prasarana Lapangan dan Lainnya

Eksibisi Gateball Bondowoso, Kadispora : Kami Akan Fasilitasi Prasarana Lapangan dan Lainnya
FOTO: Ketua Pergatsi Jatim didampingi Kadisparpora Bondowoso saat diwawancara Limadetik.com

BONDOWOSO, Limadetik.com – Olah Raga Gateball Yang baru saja membuming di Indonesia, diharapkan tidak hanya masuk di sekolah-sekolah, tapi olah raga tersebut juga harus bisa masuk di dalam pesantren.

Hal tersebut diungkapkan, Bupati Bondowoso melalui, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso, Mulyadi, saat menghadiri pembukaan Eksibisi olah raga Gateball di Stadion Magenda, Bondowoso, Jum’at (17/12/2021) sore.

“Saya mewakili bapak Bupati KH.Salwa Arifin, beliau berpesan agar Gateball ini juga bisa masuk di pesantren, karena Bondowoso mayoritas pondok pesantren” kata pria yang akrab disapa Mas Mul pada Limadetik.com usai acara.

Olah raga gateball tersebut merupakan olah raga yang berpresatsi, jadi pembinanya ada di bawah naungan Koni.

“Tentu dari Pemerintah sendiri, tentu akan kami fasilitasi baik prasarana dan lain-lainnya, seperti halnya lapangan itu sendiri, kita sudah sediakan di stadion magenda secara permanen bergantian dengan sepak bola” tambah Mas Mul lagi.

Dirinya menambahkan bahwa olah raga gateball yang masih relatif baru, tentunya perlu sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat.

“Harapan bapak Bupati, olah raga ini tidak hanya dikenal di lingkungan sekolah, tapi juga harus bisa memasyarakat” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Jawa Timur, Wahid Wahyudi mengatakan bahwa Gateball ini masuk di Indonesia mulai Tahun 2013 dan untuk Bondowoso baru tahun 2015.

“Bondowoso ini merupakan pertama kali di Jawa Timur yang pertama kali membentuk Pergasi, dan alhamdulillah dengan masuknya gateball ke Bondowoso atletnya juga tak kalah banyak dari kabupaten lain” kata Wahid.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya selalu memberi dukungan kepada atlet-atlet yang ada di Bondowoso.

“Kita selalu memberi dukungan dengan mengirim pelatih untuk melatih para atlet karena ada standar-standar yang harus dipahami” pungkasnya.

Perlu diketahui, permainan Gateball ini merupakan permainan tim dengan lapangan berukuran 20×25, pemain maksimal 10 orang, cara permainannya pun cukup sederhana yakni dengan memasukan bola ke gawang kecil dengan menggunakan stik yang mirip dengan stik bola golf.

Respon (3)

Tinggalkan Balasan