banner podcast

Etika Komunikasi Bisnis dalam Dunia Bisnis

  • Bagikan
Etika Komunikasi Bisnis dalam Dunia Bisnis
FOTO: Ilustrasi
Banner Iklan

Oleh: Rafika Carolina Falincia
Prodi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Malang

LIMADETIK.com – Pada era revolusi industri 4.0 saat ini, bisnis yang ada di negara Indonesia sangat berkembang pesat dengan berbagai macam bisnis seperti di bidang kuliner, kosmetik, fashion, dan masih banyak lagi. Sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif membuat bisnis berkembang dengan baik saat ini. Dunia bisnis tidak lepas dari adanya komunikasi bisnis, karena komunikasi memberikan suatu kemudahan untuk memberikan informasi dengan cara yang efektif.

Komunikasi dalam dunia bisnis bukanlah pelaksanaan yang mudah. Karena dibutuhkan suatu keterampilan berkomunikasi agar tercipta komunikasi yang efektif dalam lingkungan bisnis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam dunia bisnis sering terjadi konflik yang disebabkan oleh hambatan komunikasi bisnis. Contohnya, kesalahpahaman akibat maksud informasi yang kurang jelas.

Selain itu juga terdapat beberapa hal yang terkait dengan etika yang harus diperhatikan oleh organisasi bisnis atau perusahaan yaitu tentang keadilan, kepekaan, rasa hormat, dan kejujuran. Menurut J. Jaska (1996), etika komunikasi bisnis yang efektif adalah memainkan sebuah peran penting dalam memperkuat hubungan budaya organisasi atau perusahaaan. Jika dalam suatu organisasi bisnis atau perusahaan tidak dapat mempertimbangkan standar etika dalam pengiriman dan penerimaan pesan-pesan bsinis, akibatnya akan berdampak negatif terhadap organisasi bisnis atau perusahaan tersebut.

Setiap organisasi bisnis harus menekankan pentingnya etika komunikasi bisnis, hal ini penting karena bisa membangun hubungan yang baik dengan relasi kerja, masyarakat, atau pemegang saham. Etika komunikasi bisnis ini banyak memberikan banyak manfaat positif dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang bagi organisasi bisnis atau perusahaan.

Etika komunikasi bisnis memiliki tujuan utama yakni memastikan bahwa di dalam organisasi bisnis ada tatanan organisasi dan memastikan bahwa hubungan antara organisasi dan karyawannya harmonis. Selain itu, etika komunikasi bisnis juga memiliki peranan yang sangat penting dalam melindungi, menghargai, dan juga memelihara citra bisnis yang baik bagi organisasi bisnis atau perusahaan.

Maka dari itu, etika komunikasi bisnis merupakan aspek penting dalam membangun bisnis dengan baik. Sukses atau gagalnya suatu bisnis bisa juga ditentukan oleh etika komunikasi bisnis. Memang tidak dapat dimungkiri jika melakukan tindakan yang tidak etis yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan akan memancing tindakan balasan dari pihak yang bersangkutan. Oleh karena itu organisasi bisnis atau perusahaan harus semaksimal mungkin mempertahankan nilai etika-etika komunikasi bisnis ini dengan baik.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.