Fenomena Permainan Anak Latto Latto, Apa Saja Manfaatnya?

Avatar of news.Limadetik
Fenomena Permainan Anak Latto Latto, Apa Saja Manfaatnya?
FOTO : Adelia Putri

Oleh : Adelia Putri
Prodi: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

_________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat, hampir seluruh aktivitas manusia memanfaatkan teknologi. Teknologi menyediakan berbagai kemudahan bagi manusia. Tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi aktivitas manusia.

Tidak hanya kalangan dewasa tetapi juga anak-anak merasakan dampak dari kemajuan teknologi. Saat ini anak-anak banyak disuguhkan oleh permainan digital seperti playstation, games online, video games, dan lainnya.

Permainan tersebut terkesan lebih modern karena menggunakan peralatan yang canggih dan berteknologi, berbeda dengan permainan anak tradisional. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa dengan adanya teknologi, permainan anak tradisional dapat dipopulerkan kembali.

Seperti halnya latto-latto yang merupakan permainan anak 90-an kembali viral. Permainan ini telah dimainkan di berbagai wilayah Indonesia, tidak sulit bagi anak untuk memperoleh permainan ini. Permainan latto-latto dibentuk dari dua bola plastik yang dihubungan dengan tali.

Tidak hanya latto-latto, di Indonesia mainan ini juga dikenal dengan nama tek-tek, lato-lato, dan katto-katto.

Tren ini tidak menjadikan permainan tersebut sebagai permainan asal Indonesia sebab permainan latto latto telah populer sejak tahun 1960-an di kalangan anak-anak Amerika Serikat (AS), mainan tersebut biasa disebut dengan clackers ball.

Permainan ini memiliki kemiripan bentuk dengan boleadoras yang merupakan senjata gaucho (koboi Argentina) untuk menangkap guanaco (hewan seperti lama).

Permainan latto-latto terlihat mudah dimainkan tetapi tidak semua orang bisa memainkannya dengan baik. Ada berbagai style yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Adapun manfaat dari permainan ini yaitu:

(1) Melatih kemampuan motorik anak, bagi anak-anak kemampuan gerak atau motorik harus dilatih. Melalui permainan ini, anak akan fokus pada gerakan tangan untuk memainkannya.

(2) Latto-latto dapat meningkatkan kepercayaan diri, anak-anak akan merasa lebih percaya diri saat bermain bersama teman-temannya dengan permainan yang sama.

(3) Latto-latto dapat meningkatkan kecerdasan anak sebab saat memainkannya anak harus mengatur strategi untuk memenangkan permainan.

(4) Melatih anak untuk mengontrol emosi, permainan tradisional bermanfaat bagi anak dalam mengendalikan emosinya. Anak-anak perlu mengendalikan mood atau emosinya saat menyeimbangkan ayunan bola agar bergerak konstan.

Maka dari itu, anak dapat mengatur emosinya dengan baik sehingga menang dari lawan mainnya. Jika anak tidak dapat mengendalikan emosinya maka anak akan cenderung mengalami kekalahan.

Tidak sedikit yang menanggapi fenomena tersebut diantaranya adalah tanggapan positif dari orang tua yang menyatakan bahwa latto-latto dapat mengalihkan perhatian anak dari bermain gadget.

Namun, sebagian lainnya beranggapan bahwa permainan latto-latto dapat menimbulkan kebisingan dan mengganggu ketenangan orang lain.