Gandeng CDK Jatim Wilayah Jember dan DLH, STIT Togo Ambarsari Tanam Ribuan Pohon

Avatar of news.Limadetik
Gandeng CDK Jatim Wilayah Jember dan DLH, STIT Togo Ambarsari Tanam Ribuan Pohon
FOTO: Bupati Salwa saat tanam pohon di halaman STIT Togo Ambarsari

LIMADETIK.COM, BONDOWOSO – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Kabupaten Bondowoso bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Provinsi Jatim Wilayah Jember dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bondowoso menggelar penanaman ribuan pohon di lahan kosong sekolah setempat, Senin (27/2/2023).

Penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan penghijauan alam.

Tampak Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin yang ikut menanam salah satu pohon yang sebelumnya memberikan edukasi kepada mahasiswa STIT Togo Ambarsari tentang pentingnya penghijauan.

Menurut Kepala CDK Jatim Wilayah Jember, Didik Triswantara, kegiatan tersebut merupakan misi ekologi kami dalam peningkatan penghijauan lingkungan, agar bisa memberikan edukasi kepada anak-anak muda.

“Kegiatan ini kita kolaborasikan dengan STIT Togo Ambarsari, agar para anak muda bisa memahami dan mencintai pentingnya lingkungan hijau,” katanya saat ditanya Limadetik.com.

Dikatakan juga olehnya bahwa lahan kritis di Bondowoso masih banyak, maka dari itu pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak dalam gelaran penghijauan.

“Kalau kita hanya mengandalkan dari anggaran yang ada, tentunya tidak akan mungkin bisa menyelesaikan lahan kritis yang saat ini masih ada di wilayah Bondowoso,” sambung Didik.

Dirinya menekankan bahwa penanaman tersebut tidak hanya seremonial saja, harus ada pemeliharaan baik dari anak-anak STIT maupun masyarakat setempat.

Sementara menurut Kepala STIT Togo Ambarsari, Siti Masyaratul Manna Wasalwa, dengan adanya penanaman pohon tersebut akan memberikan edukasi bagi para mahasiswa-mahasiswa disekolah tersebut, betapa pentingnya pohon dalam kehidupan.

“Ini merupakan ilmu dan pembelajaran baru bagi mahasiswa, jadi mereka bisa saling menjaga dan merawat kelestarian lingkungan untuk masa depan anak bangsa,” kata wanita yang akrab disapa Ning Ufa ini.

Dirinya berharap kepada mahasiswa untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan kita demi masa depan bumi kita.

Sedangkan Kepala DLH Bondowoso, Agung Aris Sungkowo menuturkan, bahwa ini merupakan program dari Dinas Kehutanan, jadi pihaknya hanya menyediakan lahan.

“Kami hanya menyediakan lahan dan kami tunjuk di STIT ini sebagai percontohan yang nantinya akan berkembang di sekolah-sekolah lainnya,” kata Agung.

Untuk masalah perawatan, pihaknya juga menerjunkan sejumlah petugas, jadi selain pengawasan perawatan juga melakukan pengangkutan sampah.