Berita  

Gelar Bazar Ramadhan, KKN-T MBKM Kelompok 22 Desa Gedangan, Berdayakan UMKM Setempat

Avatar of news.Limadetik
Gelar Bazar Ramadhan, KKN-T MBKM Kelompok 22 Desa Gedangan, Berdayakan UMKM Setempat
Pemotongan pita Bazar Ramadhan oleh Kepala Desa Gedangan

Gelar Bazar Ramadhan, KKN-T MBKM Kelompok 22 Desa Gedangan, Berdayakan UMKM Setempat

LIMADETIK.COM, JOMBANG – Datangnya Bulan Ramadhan 1444 H ini adalah suatu momentum yang sangat baik untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan, meningkatkan ketaqwaan, serta meningkatkan rasa kepedulian, empati, dan kebersamaan terhadap sesama umat manusia.

Selain sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bernilai positif, Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang sangat tepat untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama.

Oleh karena itu, untuk menyambut Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kami dari Kelompok 22 Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T MBKM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mengadakan food festival yang bertajuk “Bazar Ramadhan”.

Ketua pelaksana, Abbel Antya Wicaksana mengatakan, dengan mengajak seluruh pedagang atau pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Gedangan, Kabupaten Jombang. Acara Bazar Ramadhan ini diadakan pada tanggal 9 April 2023, yang berlokasi di depan balai Desa Gedangan.

“Acara Bazar Ramadhan ini diawali dengan survei UMKM pada tiga dusun yang ada di Desa Gedangan oleh mahasiswa KKN dengan membagi anggota menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok survei Dusun Gedangan, Dusun Mojogeneng, dan Dusun Rejosari” katanya.

Lanjut Abbel, pada survei tersebut, masing-masing perwakilan kelompok mahasiswa dari tiap dusun memberikan sosialisasi terkait kegiatan bazar ramadhan serta mengajak para UMKM untuk turut berpartisipasi memeriahkan acara sebagai upaya meningkatkan kondisi perekonomian yang ada di desa Gedangan.

“Setelah melaksanakan survei pada tiga dusun yang ada di Desa Gedangan, kami melakukan proses pendataan kembali untuk memastikan siapa saja yang akan berpartisipasi mengikuti kegiatan Bazar Ramadhan” ujarnya.

Menurut Abbel, dalam proses pelaksanaan kegiatan Bazar Ramadhan Desa Gedangan 1444 H oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T MBKM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menggandeng Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pimpinan Ranting Desa Gedangan.

“Kolaborasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar mampu menggandeng lebih banyak UMKM dan menambah relasi kepada warga setempat” tuturnya.

Tiba di hari pelaksanaan Bazar, kata Abbel, rangkaian acara berjalan dengan lancar. Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting desa seperti Kepala Desa yaitu Sukarno, S.E. yang memberi sambutan pembukaan acara serta meresmikan acara Bazar dengan pemotongan pita.

Lalu ada juga Nur Wasito, Ketua Ranting NU di Desa Gedangan yang menjadi tokoh agama untuk pembacaan doa sekaligus menutup acara Pembukaan Bazar Ramadhan tersebut. Dan yang terakhir, ada Setyo sebagai Babinsa Desa yang bertanggung jawab menertibkan dan mengamankan jalannya acara di Bazar Ramadhan.

“Tepat di akhir acara pembukaan, diadakannya kunjungan langsung oleh bapak Kepala Desa kepada para UMKM Bazar. Terlihat antusias warga yang sangat senang dengan adanya acara Bazar ini, mengingat acara seperti ini sangat jarang dilakukan di Desa Gedangan” terangnya

Dikatakan Abbel, setelah semua acara selesai, mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur serta Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) melakukan buka bersama di aula Balai Desa Gedangan.

Dilanjutkan dengan ibadah bersama dan membersihkan sampah-sampah dari acara yang sudah diselenggarakan. Ketika waktu sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB.

“Acara diakhiri dengan semua panitia dari KKN maupun dari IPNU dan IPPNU memutuskan untuk berfoto bersama sebagai bentuk dokumentasi sebelum akhirnya kami semua kembali ke basecamp masing-masing untuk beristirahat” pungkasnya.