banner podcast

Gelar Sosialisasi Bagi Pelaku UMKM di Dusun Ngujung, Mahasiswa UMM Kelompok 66 Sajikan Tips Digitalisasi

  • Bagikan
Gelar Sosialisasi Bagi Pelaku UMKM di Dusun Ngujung, Mahasiswa UMM Kelompok 66 Sajikan Tips Digitalisasi
FOTO: Marcell Niker Ardisa saat memberikan materi di hadapan pelaku UMKM
Banner Iklan

KOTA BATU, LimaDetik.Com – Kelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang kembali menggelar program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa. Kali ini, giliran Kelompok 66 dari Gelombang 8 yang menggelar program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kota Batu.

Selama pelaksanaan PMM, Kelompok 66 juga mengadakan kegiatan sosialisasi yang ditujukan kepada warga di Dusun Ngujung, khususnya yang sedang menjalankan atau memiliki UMKM. Sosialisasi bertajuk “Sosialisasi Pelaku UMKM” ini pertama kali dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2021, bertempat di Balai Desa Ngujung, Kota Batu, Jawa Timur.

Selain itu untuk soaialisasi ketiga dan keempat dilaksanakan tanggal 21 dan 27 Juni 2021 di tempat yang sama. Untuk kegiatan sosialisasi ini sendiri dipandu oleh Putri Asri Susanti sebagai pembawa acara dan Marcell Niken Ardisa sebagai pengisi materi.

“Kegiatan sosialisasi ini berisikan sharing knowledge bagi para pelaku UMKM yang ada di Dusun Ngujung, terutama dalam menjalankan usahanya di tengah-tengah masa pandemi seperti sekarang” kata Marcell Niken Ardisa, sebagaimana rilis yang diterima media ini, Sabtu (17/7/2021).

Pada kegiatan tersebut, materi yang disajikan pun sangat berkaitan dengan bagaimana para pelaku UMKM di Dusun Ngujung bisa mengelola usahanya hingga melakukan pemasaran yang tepat di masa pandemi.

“Misalnya saja pengenalan pelaku UMKM dalam menerapkan pembukuan simpel untuk merekam perputaran uang. Pemateri juga memberi tahu bagaimana cara menaikkan omset yang turun lebih dari 50% akibat masa pandemi ini” ungkap Niken, sapaan akrab mahasiswi jurusan Akuntansi tersebut.

Selain itu, pemateri dari Kelompok 66 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang juga mengajarkan para pelaku UMKM di Dusun Ngujung untuk mengaplikasikan teknik digital marketing.

“Teknik digital marketing ini dilakukan untuk memasarkan produk-produk dari UMKM di Dusun Ngujung dengan memanfaatkan teknologi dan sosial media yang ada. Teknik ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM di Dusun Ngujung memasarkan produknya ke pangsa yang lebih luas” jelas Niken di hadapan para peserta.

Lebih lanjut Niken mengatakan, kiranya kegiatan sosialisasi yang digelar ini diharapkan mampu membantu para pelaku UMKM di Dusun Ngujung untuk kembali bangkit dan mendapatkan keuntungannya selama masa pandemi berlangsung. “Apalagi, selama masa pandemi ini, para pelaku UMKM banyak mengalami penurunan omset” tukas Niken.

Seperti diketahui, program PMM UMM ini berlangsung selama satu bulan penuh, sejak tanggal 4 Juni 2021 hingga 4 Juli 2021. Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini diikuti oleh lima orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dari berbagai jurusan, diantanya; Rendra Hermawan, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Putri Asri Susanti, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Marcell Niken Ardisa, mahasiswa jurusan Akuntansi, Ferdian Wesandran Busyairi, mahasiswa jurusan Akuntansi dan Muhammad Tava Gifara, mahasiswa jurusan Akuntansi.

Penulis: Rendra Hermawan
Editor : Lisa

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.