banner podcast

Harga Gabah Murah, Golkar Bondowoso Bersikap

  • Bagikan
Harga Gabah Murah, Golkar Bondowoso Bersikap
FOTO: H.M Supriyadi
Banner Iklan

BONDOWOSO, LimaDetik.Com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso dari Partai Golongan Karya (Golkar), H.M Supriyadi meminta Pemerintah Daerah dan Satgas Pangan Bondowoso untuk mengontrol harga gabah petani, mengingat hingga hari ini harga gabah mencapai 3.400-3.600 per Kg.

Ini ditegaskan Supriyadi mengingat saat ini harga gabah petani harganya turun drastis ditengah masa panen raya.

“Tidak hanya harganya, potongannya juga mencapai 10-12%. Saya minta agar pemerintah menjalankan fungsi monitoring, koordinasi dan pengawasannya agar para petani tidak dirugikan” kata Supriyadi pada Limadetik.com saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (6/7/2021).

Ditambah lagi isu pajak sembako dan pangan menjadi alasan tengkulak untuk menurunkan harga gabah petani.

“Petani sekarang ini dalam kesulitan, yang pertama biaya garab, tenaga, ditambah lagi pupuk juga agak sulit, belum lagi serangan hama karena musim sekarang tidak menentu, kalau harga terus menurun maka petani akan rugi” ujar Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Bondowoso.

Ia menambahkan, sebagai anggota parlemen di daerah, pihaknya menaruh harapan besar pada Bulog supaya bisa membeli gabah petani dengan harga yang kompetitif.

“Dalam situasi pandemi covid 19 kita harus memperhatikan keluhan masyarakat. Jika pemasukan petani seret, maka daya beli masyarakat juga akan rendah, itu akan memperparah kondisi ekonomi kita” lanjutnya.

Selain permintaan kita kepada pemerintah dan satgas pangan, kita juga akan menyampaikan aspirasi kita kepada Pemerintah Provinsi maupun Pusat.

“Selain ke Pemerintah Bondowoso, kita juga akan menyampaikan aspirasi kita melalui Fraksi Golkar kepada pemerintah Provinsi dan pusat, agar bisa menfasilitasi dalam mengontrol harga gabah petani menjadi normal seperti biasanya” ungkapnya.

Pihaknya juga berencana memanggil pihak-pihak terkait melalui Komusi yang membidangi, seperti Dinas Pertanian, Bulog dan Satgas Pangan Bondowoso untuk dimintai pendapatnya.

(budhi/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.