Haul Kyai Togo Ambarsari Dihadiri Ribuan Masyarakat

Avatar of news.Limadetik
Haul Kyai Togo Ambarsari Dihadiri Ribuan Masyarakat
FOTO: Suasana saat haul Kyai Togo Ambarsari

LIMADETIK.com, Bondowoso – Ribuan masyarakat atau jamaah dari seluruh kalangan hadiri Haul akbar pendiri pondok pesantren Mambaul Ulum, Almarhum Kyai Togo Ambarsari di Desa Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari, Bondowoso, Selasa (19/7/2022).

Masyarakat yang sengaja hadir tersebut tidak hanya dari Bondowoso, bahkan dari Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Probolinggo serta kota lainnya dalam rangka mendoakan sang ulama’ besar yang juga ayahanda Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin.

Kyai Togo merupakan ulama yang dikenal kesederhanaannya, beliau lahir di Dusun Gerdu Salak Desa Tangsil Wetan sekitar Tahun 1885-1890 an, dan wafat Tanggal 27 April 1997.

Ustad Atok Urrahman sebagai ketua panitia mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada pondok pesantren untuk terus mengirimkan doa kepada Kyai Togo.

“Ini sebagai pembelajaran kepada santri, bagaimana seorang santri mengabdi kepada guru, jadi tidak hanya belajar ilmu pengetahuan saja, sehingga haul ini kita laksanakan setiap tahun” kata Ustadz Atok pada Limadetik.com.

Dirinya juga menambahkan, mengingat pandemi sudah mulai reda, sehingga acara tersebut bisa dilaksanakan secara meriah.

“Untuk saat ini merupakan acara puncak yang kita kemas dengan pengajian umum, sedangkan rangkaian acara sudah kita laksanakan beberapa hari yang lalu yakni hotmil Qur’an di beberapa masjid dan musolla” sambungnya.

Dirinya berharap, dengan adanya haul tersebut, para santri bisa meneladani pendiri Kyai Togo sebagai pengasuh pondok pesantren yang sangat sederhana.

“Para santri harus bisa mengambil pelajaran kepada KH. Salwa Arifin sebagai pengasuh pondok pesantren, meskipun beliau sebagai bupati yang mempunyai fasilitas mewah, tetapi beliau tetap sederhana” katanya lagi.

Sementara menurut pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum, KH. Salwa Arifin yang juga sebagai Bupati Bondowoso mengucapkan banyak terima kasih kepada alumni dan simpatisan.

“Atas nama keluarga besar Mambaul Ulum saya ucapkan terimakasih, semoga doa yang kalian panjatkan untuk beliau akan kembali kepada diri kita sendiri” kata Kyai Salwa.

Nampak Hadir diantara ribuan masyarakat, seluruh Kepala OPD, Camat se Bondowoso dan para Ulama pengasuh pondok pesantren di Bondowoso.

Respon (1)

Komentar ditutup.