HMI Komisariat Lancaran Gelar Pelatihan Penulisan Makalah

Avatar of news.Limadetik
HMI Komisariat Lancaran Gelar Pelatihan Penulisan Makalah
FOTO: Kegiatan pelatihan penulisan makalah oleh HMI Komisariat Lancaran

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Lancaran melalui kerjasama kedua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan, Kepemudaan (PTKP) dan Kewirausahaan, Pengembangan Profesi (KPP) terus berupaya menggencarkan serangkaian kegiatan yang berkesinambungan.

Kegiatan yang dimaksud yaitu pelatihan Penulisan Makalah yang menjadi salah satu instrumen kegiatan paling urgen dan fundamental terkhusus bagi mahasiswa baru (MABA) yang memulai berlabuh dalam aktifitas Perguruan. Kegiatan ini berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) PP. Sumber Mas Daerah Al-Madinah Rombiya Barat pada hari Jum’at pukul 08.00 WIB – selesai, Jumat (30/9/2022).

“Dalam Kegiatan ini, antusiasme dan angka partisipatif peserta yang berstatus MABA relatif melejit dari sebelumnya, dikarenakan perihal makalah ini sudah menjadi perkara mendasar dan wajib bagi mahasiswa dalam ruang lingkup perkuliahan dan tak menafikan dari mereka akan merasakan beban tugas demikian dari dosen nantinya” kata Darol, kabid PTKP.

lebih lanjut dia mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan ini sebenarnya sudah memasuki fase ketiga setelah sebelum nya gelar perdana dan kedua terlaksana di sekretariat BAKIS ( Badan Kajian Strategis) yang bertempat di kediaman kanda Subli yang cenderung pembahasannya lebih mengarah kepada pengenalan, teknik, sistematika penulisan makalah dan sebagainya. namun, di segmen kali ini orientasinya lebih kepada praktek
agar upaya yang berbentuk teoritis itu benar-benar terserap dan terjewantahkan dalam wujud realistis. selain itu juga agar kami lebih yakin dan dapat menilai seberapa persen serapan dan tangkapan mereka dalam memahami akan pembuatan makalah ini.

dia menambahkan bahwa tujuan dari diadakannya pelatihan ini sebenarnya berangkat dari hasil pengamatan di lapangan, melihat begitu miris nya maba yang masih plin plan dalam proses pengerjaan hingga pada cara mengkonstruksikannya secara sistematis sesuai prosedural, hingga kemudian terbersit dalam hasrat kami untuk mengadakan pelatihan penulisan ini “Paparnya”

Sementara itu Ketua Umum HMI Komisariat Lancaran Ach. Fatoni menyampaikan banyak-banyak terima kasih atas partisipasi dan kerjasama semua pengurus sekalian dalam mengawal kegiatan tersebut, terkhusus kedua bidang itu mulai awal sampai detik ini terus bekerja. “Dan ucapan terima kasih pula kepada Pengasuh Pondok Pesantren Sumber Mas Al-Madinah yang terhormat KH. A. Mufti Khazin yang telah merekomendasikan fasilitas demi terlaksananya kegiatan ini” ucapnya.

Lebih lanjut dia berharap setelah kegiatan ini usai mereka bisa membuat makalah secara rapi, baik dan benar sesuai prosedural tidak lagi kelimpungan dan sebagainya. “Paling tidak upaya edukasi pengetahuan ini membekas dan bermanfaat selama bertengger di bangku perkuliahan” harapnya.

Di lokasi yang bersamaan, Deki Hermawan selaku peserta kegiatan tersebut menuturkan, dirinya merasa bersyukur bisa bergabung dalam kegiatan pelatihan ini dan melalui ini pihaknya sangat terbantu.

“Ya, kami sangat bersyukur terhadap kegiatan ini, dan terhadap pengetahuan yang disampaikan sangat sangat membantu” ujarnya.