IAI Ibrahimy Gagas Stadium General, Berikut Tema yang Diangkat

Avatar of news.Limadetik
IAI Ibrahimy Gagas Stadium General, Berikut Tema yang Diangkat
FOTO: Kegiatan General Stadium IAI Ibrahimy Banyuwangi

LIMADETIK.COM, BANYUWANGI – Kampus Institut Agama Islam atau IAI Ibrahimy mengadakan seminar Stadium General dengan tema “Peran Perguruan Tinggi Dalam Membingkai Moderasi Beragama Menuju Indonesia Emas”
Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu (17/9/2022) pukul 13.00 Wib di auditorium Kampus dengan dihadiri oleh berbagai mahasiswa dan fakultas.

Rektor IAI Ibrahimy, Genteng Banyuwangi, Kholilur Rahman mengatakan, tidak semua mahasiswa dapat menghadiri acara tersebut sebab acara ini hanya di hadiri oleh mahasiswa yang melaksanakan KKN di tiga Kecamatan dari 25 kelompok. Dan acara tersebut juga merupakan syarat dari kelulusan KKN.

“Ibrahimy juga di minta oleh kapolres untuk menyelenggarakan hal tersebut sehingga harus mengundang wakil rektor III dari kampus UIN Khas Jember sebagai presentator” katanya.

Tidak hanya itu, Rektor Ibrahimy juga menyampaikan bahwa ada 80% generasi milenial dan mahasiswa yang terkena dampak Radikalisme dan Kapitalisme. Hal itulah yang melatarbelakangi atas terbentuknya acara tersebut.

“Peran Perguruan Tinggi dalam membingkai moderasi beragama menuju indonesia emas adalah suatu kebutuhan setiap akademisi. Jadi saya meminta kepada bapak. Dr. Hefni Zein, selaku wakil rektor III UIN KHAS Jember untuk menyampaikan pengetahuan serta gagasan terkait judul yang telah dibahas sebelum acara tanya jawab di mulai” utaranya.

Sedangkan acara tersebut di moderatori oleh salah satu dosen untuk menjalankan acara agar tidak keluar dari pada pembahasan atau tema yang telah di tentukan.

Dr. Hefni Zein, S.Ag. MM. diberikan waktu selama 25 menit untuk menyampaikan ilmu dan pengetahuan agar semua mahasiswa dapat memahami dan mengerti dengan isi dari pada tema yang telah di tetapkan oleh kampus.

Menurut modertor, waktu 25 menit merupakan waktu yang sangat singkat untuk menerima wawasan dan gagasan yang akan disampikan oleh Dr. Hefni Zein, ia juga menyampaikan bahwasanya mahasiswa harus selalu merasa kurang dengan ilmu dan jangan pernah merasa cukup terhadap apa yang telah dimiliki mahasiswa (ilmu dan pengetahuan).

Sebelum acara tanya jawab tersebut diselenggarakan, di auditorium kampus IAI Ibrahimy genteng banyuwangi, Dr. Hefni Zein, menyampaikan terkait peran Perguruan Tinggi dalam membingkai moderasi beragama menuju Indonesia emas, dalam penyampaiannya terdapat empat poin penting yang memang harus di perhatikan oleh mahasiswa.

“Toleransi pemuda dan mahasiswa adalah agent of change Moderasi beragama dan
Cara menuju Indonesisa emas. Selain itu mahasiswa yang ada di UIN KHAS Jember telah di wajibkan untuk menulis, terkait peran peran islam di media sosial minimal satu lembar dalam satu hari, kami selalu mendukung mahasiswanya agar selalu maju di era 4.0 ini” katanya.

Ia juga menegaskan, bahwa tugas moderasi beragama ini merupakan tugas bagi semua orang, terutama pemuda dan mahasiswa bahkan dia sempat mengatakan bahwa hal ini juga telah disampaikan oleh Al-Qur’an dan Hadis Nabi.

Setelah apa yang disampaikan Rektor itu usai, lalu dilanjut oleh moderator dengan sesi tanya jawab. Dalam hal ini terdapat lima mahasiswa yang mengacungkan tangan untuk menanyakan terkait dengan apa yag telah presentator bahas dari awal.

Setelah beberapa pertanyaan terjawab acara langsung ditutup, tidak bisa berbincang lama sebab acara tersebut terbatasi oleh waktu yang telah di berikan kampus.

Respon (1)

Komentar ditutup.