IAI Tabah Lamongan Raih penghargaan Responsif Gender Nasional

Avatar of news.Limadetik
IAI Tabah Lamongan Raih penghargaan Responsif Gender Nasional
FOTO: Kegiatan seminar

LIMADETIK.COM, LAMONGAN – Sebagai perguruan tinggi yang memiliki semangat Empowering The Society IAI Tabah Lamongan terus berusaha menjadi perguruan tinggi yang dapat menjadi solusi masa depan anak bangsa.

Alimul Muniroh, Rektor IAI Tabah menyampaikan bahwa tanggal 15-17 November 2022 Alhamdulillah kampus IAI Tabah berpartisipasi dalam kegiatan Konferensi PSGA Kupi II yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Meneguhkan Peran PSGA dan Ulama Perempuan dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual”.

IAI Tabah Lamongan Raih penghargaan Responsif Gender Nasional
FOTO: Kegiatan seminar

“Alhamdulillah IAI tabah sebagai satu satunya PTKIS yang lolos menjadi nomine dalam kegiatan ini serta mendapatkan dua penghargaan 1) penghargaan implementasi perguruan tinggi responsif gender kategori utama. 2) Perguruan tinggi responsif gender kategori Budaya NIR kekerasan seksual dalam bidang penanganan terbaik” tutur Alimul Muniroh.

Apresiasi dari Kementerian Agama RI ini menjadi pemantik bagi IAI Tabah agar senantiasa komitmen menjadi kampus yang mewujudkan keadilan dan kesetaraan Gender, ini juga merupakan bagian dari proses panjang yang sudah dilakukan sejak tahun 2020, yang diawali dengan reformasi struktur kelembagaan Kampus berbasis kesetaraan Gender.

“Hasil ini adalah salah satu bentuk komitmen IAI Tabah dalam implementasi Empowering The Society” katanya.

IAI Tabah Lamongan Raih penghargaan Responsif Gender Nasional
FOTO: Penghargaan untuk IAI Tabah Lamongan

Dini Amalia, Ketua Lembaga PSGA IAI Tabah menyampaikan bahwa dengan hasil dari. “Kegiatan ini, PSGA akan terus berbenah dengan untuk menjadi lembaga yang lebih baik khususnya dalam Pengkajian, Pendampingan, dan Layanan kepada masyarakat” tuturnya.

Muhammad Ali Ramdani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI mengatakan bahwa, kegiatan konferensi diikuti oleh PSGA Se Indonesia dengan melalui beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, tahap presentasi, dan wawancara.

“Harapan kita dengan kegiatan ini, akan dirumuskan bersama, pemetaan masalah, investigasi untuk menyelesaikan problem terkait penanganan serta pencegahan kekerasan seksual di lembaga pendidikan” kata Muhammad Ali Ramdani.

IAI Tabah Lamongan Raih penghargaan Responsif Gender Nasional
FOTO: Piagam penghargaan

Kegiatan pemberian penghargaan dihadiri oleh Muhammad Ali Ramdani (Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI), Eni Retno Yaqut (Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenag), Farihah Nizal Ali (Ketua DWP Kemenag RI), Wakil DWP Kemeng RI, dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Yang bertugas sebagai juri Prof. Dr. Mufidah, CH, M.Ag. KH. Husen Muhammad, Hilda Ali Ramdani, Elfa Murdiana Asy’ari, SH. M.Hum, dan Nurhayati Aida