banner podcast

Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual, Wabup Sumenep: Tetap Jaga Keluhuran Pancasila

  • Bagikan
Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual, Wabup Sumenep: Tetap Jaga Keluhuran Pancasila
FOTO: Dandim 0827/ Sumenep Letkol Inf Nur Cholis (kiri) Wabup Sumenep Hj. Dewi Khalifah (tengah) dan Kapolres Sumenep AKBP Darman (kanan) saat mengikuti upaca hari lahir Pancasila secara virtual di Kantor Bupati Sumenep
Banner Iklan

SUMENEP, LimaDetik.Com – Peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada setiap tanggal 1 Juni merupakan momentum yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia, sehingga setiap warga negara diharapkan tetap menjaga nilai nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri, Selasa (1/6/2021).

Pada tahun 2021 ini, peringatan hari lahir Pancasila digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi covid-19. Tak terkecuali, Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 secara virtual melalui video conference dengan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, di Ruang VIP Rumah Dinas Bupati.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 secara ketat, pelaksanaan upacara secara virtual itu berlangsung dengan penuh khidmat, bahkan jumlah peserta upacara hanya diikuti pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati bersama para pejabat Forkopimda dan kepala OPD berpakaian adat daerah mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman Gedung Pancasila di Jakarta.

Secara tegas Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah mengatakan, seluruh elemen masyarakat agar bersama sama menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dalam rangka mencegah rusaknya moral dan mental generasi muda, sehingga tercipta generasi yang berkarakter budaya, dan generasi yang tetap berpegang teguh pada prinsip kebhinekaan.

“Tentunya kami terus berharap agar masyarakat tetap menjaga dan melestarikan keluhuran makna dan nilai-nilai Pancasila sebagai bentuk identitas dan kepribadian bangsa, maka dengan demikian Bangsa Indonesia akan semakin kokoh” kata Wakil Bupati usai mengikuti upcara secara virtual.

Menurut Wabup Eva, sapaan akrab Dewi Khalifah, Peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga memperkuat persatuan dan kesatuan agar tidak terjadi perpecahan di tengah-tengah masyarakat, akibat adanya sikap intoleran di tengah keberagaman Bangsa yang majemuk ini.

“Kita harus benar-benar mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebab saat ini, ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan, dan kita tidak ingin itu terjadi. Maka dengan dengan demikian kita harus melihat secara utuh, bahwa keberagaman itu menjadi “rahmat” dan kehidupan tetap aman dan damai bagi seluruh Bangsa” tukasnya.

(yd/efa)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.