banner podcast

Indonesia Krisis Korupsi, Apa Yang Harus Dilakukan Indonesia

  • Bagikan
Indonesia Krisis Korupsi, Apa Yang Harus Dilakukan Indonesia
FOTO: Ilustrasi
Banner Iklan

OLEH: Annisa Shinta Balqis
Mahasiswa Program Studi Sosiologi
Universitas Muhammadiyah Malang

Korupsi kita ketahui sebagai sebuah tindakan yang sangat tidak dibenarkan, mengapa dikatakan seperti itu, karna tindakan korupsi akan membuat kerugian besar kedepannya dan membuat hal yang tidak pantas itu bisa menjadi sebuah hal biasa dan menjadi kebiasaan jika.tindakan korupsi terus terjadi di indonesia.

Kerugiannya bisa dikatakan sangat besar karna bisa merugikan negara baik itu dalam sektor pendidikan, ekonomi, pembangunan, dan sektor lagi lainnya. Lalu tindakan Perilaku korupsi terjadi karena sikap materialistis dan konsumtif serta sistem sosial dan politik yang masih mendewakan materi, Akar dari kejahatan termasuk Korupsi adalah cinta akan uang atau serakah untuk itu cara memberantas korupsi adalah dengan menghilangkan keserakahan dalam materialistis dan seseorang harus merasa cukup dengan apa yang dimilikinya.

Indonesia sedang mengalami sebuah krisis korupsi karna para pejabat negara yang haus akan keserakahan uang di atas jabatannya, yang juga membuat masyarakat di Indonesiapun akhirnya banyak yang geram akan kelakuan hal tersebut bahkan korupsi di mata masyarakat umum dikatakan bila bahwa korupsi secara implisit adalah menyalahgunakan kewenangan, jabatan atau amanah secara melawan hukum untuk memperoleh keuntungan atau manfaat pribadi dan atau kelompok.

Tindakan korupsi tersebut tentu diusut oleh KPK Indonesia, namun KPK di Indonesia sangat lemah dalam kewenangannya sehingga kasus korupsi di Indonesia tidak membuat jera bagi para pelakunya atau bahkan tiap tahunnya ada saja kasus baru dengan orang baru pula dalam penggelapan dana atau korupsi bukankah itu sebuah krisis korupsi bagi negara di Indonesia?. Lalu apa yang harus dilakukan oleh KPK Indonesia untuk memperbaiki hal itu semua.

Kita ketahui bahwa ICAC Hongkong adalah salah satu lembaga organisasi terbaik dalam memberantas korupsi di negaranya, maka indonesia harusnya bisa mencontoh strategi apa saja yang digunakan oleh ICAC dalam memberantas korupsi dan bisa digunkan oleh indonesia. Baik mari kita lihat strategi yang dimiliki oleh ICAC Strategi pemberantasan korupsi yang dimiliki Hongkong memiliki tiga pendekatan utama yaitu: prevention, investigation and education.

Masing-masing pendekatan memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda. Departemen pertama ICAC yakni Operations department bertugas melakukan penegakan hukum melalui peneyelidikan dan penyidikan. Departemen ini bertujuan untuk membuat tindakan korupsi sebagai tindakan kriminal beresikp tinggi. Kemudian departemen kedua, Corruption prevention departement beresiko bertugas melakukan pencegahan sebelum terjadinya korupsi. Departemen ini bertujuan untuk membuat kesempatan dan peluang melakukan korupsi semakin sulit. Departemen ketiga ICAC yakni ICAC dan peluang melakukan korupsi semakin sulit.

Departemen ketiga ICAC yakni Community relations departement bertugas dalam strategi pencegahan yakni dengan pendidikan dan propaganda kehebatan ICAC. Departemen ini bertujuan untuk mempertahankan susasana sosial dan opini publik di masyarakat agar terus menjauhi korupsi dan menjaga citra ICAC.

Lalu jika dilihat mengapa kewenangan KPK bisa dikatakan lemah karena jika dijelaskan terlihat bahwa kewenangan KPK berkurang, terutama melalui keberadaan lembaga pengawas eksternal. Daya keunggulannya intuk melakukan operasi senyap dan operasi tangkap tangan (OTT) harus menjalani proses filter pihak eksternal dahulu yang dimana nantinya malah berpelung bocor. Padahal kekuatan demikianlah yang membuat ICAC sekuat ini, karna lembaga anti rasuah dari honkong yang hanya perlu izin dari atasan mereka di ICAC dan selama itu sejalan dengan prinsip Interception of Communication and Surveillance Ordinance (ICSO).

Pendidikan tentang korupsi di indonesia seharusnya sudah bisa meluas dalam memberikan terkait pendidikan korupsi karena jika sedari dini kita di ajarkan tentang kroupsi kepada genarasi-genarsi muda bisa meminimalisir kejadian korupsi di indonesia agar mengetahui pula bahwa tindakan korupsi bagaimana nantinya akan sangat merugikan negara dan betapa tindakan itu sangat matrealistis akan keserakahannya.

Dan diharpakan strategi dari ICAC bisa dicontoh oleh KPK di Indonesia dalam memberantas korupsi dan diharapkan dalam hal kewenangannya diharapkan KPK bisa lebih leluasa lagi dalam memberantas korupsi yang tidak harus dipersulit dalam mendapatkan persetujuannya dan hukuman bagi para korupsi di Indonesia diharapkan lebih diberikan efek jera lagi agar tidak terulang terus menerus, karna bangsa yang sehat adalah negara yang bebas dari korupsi, semoga Indonesia suatu saat bisa menjadi negara yang berhasil dalam memberantas korupsi di negara tercinta ini.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.