IWPG Sukses Menggelar Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4

Avatar of news.Limadetik
IWPG Sukses Menggelar Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4
FOTO: Ketua Hyun Sook Yoon
Banner Iklan

LIMADETIK.COM, NASIONAL – International Women’s Oeace Group (IWPG) sukses menggelar upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4 di Korea. Acara ini juga diselenggarakan oleh cabang-cabang International Women’s Peace Group (IWPG) di beberapa negara, acara ini diikuti secara online oleh 850 anggota IWPG termasuk anak-anak dimulai dari pukul 9.00 PM (waktu Korea), Selasa (29/11/2022).

Ketua IWPG, Hyun Sook Yoon mengatakan, International Loving-Peace Art Competition, bagian dari ‘inisiatif untuk menyebarkan budaya perdamaian’ IWPG ini pertama kali direncanakan untuk menanamkan ‘pola pikir perdamaian’ ke dalam hati anak-anak sehingga mereka semua dapat bersatu untuk mencapai penghentian perang dan perdamaian dunia.

“Dengan tujuan menyampaikan pesan harapan perdamaian dunia kepada mereka yang hidup dalam konflik dan perang, acara tahunan ini diselenggarakan bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti lembaga seni nasional dan asosiasi seniman” katanya.

Acara ke-4 yang diadakan tahun ini dengan tema “Komunitas Global Menjadi Satu di Bawah Cahaya Perdamaian”. Sekitar 12.000 anak dan remaja antara usia 7 dan 14 tahun (4.524 anak dari Korea dan 7.408 anak dari luar negeri) berpartisipasi, dan Top 3 dari masing-masing penyisihan nasional maju untuk berkompetisi di final. Penyisihan diadakan di 145 kota di 52 negara dari Mei hingga Juli 2022.

Kehormatan Grand Prize tahun ini diberikan kepada karya berjudul, “The Wind of Peace Blowing Toward Us” oleh Da Yeong Lee (13 tahun) dari Donghae, Korea. Da Yeong menjelaskan bahwa gambar ini mengungkapkan harapannya untuk bagaimana dunia yang penuh kedamaian.

IWPG Sukses Menggelar Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4
FOTO: Karya para pemenang

“Dunia yang damai dimana semua bangsa di seluruh dunia hidup dalam harmoni tanpa perang, seperti dua sahabat yang bergandengan tangan dalam gambar tersebut” kata Da Yeong.

Para juri juga berkomentar bahwa gambar Da Yeong, memiliki pesan yang sangat jelas tentang kebebasan dan perdamaian di dunia tanpa diskriminasi. Dia menerima sertifikat dan beasiswa satu juta Won Korea.

Peraih Juara ke-2 diberikan kepada Santoni (Divisi SD, Bangladesh), Geon Kim (Divisi SMP, Korea), dan Kawin Smansaksiri (Divisi SMA, Thailand). Masing-masing menerima sertifikat dan beasiswa 200.000 Won Korea.

Untuk juara 3 diberikan kepada enam siswa, Taym Taj AL Deen (Lebanon) dan Min Ha Rhu (Korea) di Divisi Sekolah Dasar; Sneha Yumandhi Rathnayake (Sri Lanka) dan Seol Jeon (Korea) di Divisi Sekolah Menengah, dan Malak Mata (Lebanon) dan Si Yoon Kim (Korea) di Divisi Sekolah Menengah Atas. Masing-masing pemenang juara 3 ini menerima sertifikat dan beasiswa 100.000 Won Korea.

IWPG Sukses Menggelar Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4
FOTO: Karya pemenang

Sebanyak 21 peserta termasuk Jaanvika Agarwal (Australia) menerima Award of Recognition, dan 2 mahasiswa Korea diberikan Special Awards. Penghargaan Ketua Organisasi Seni Rupa Korea diberikan kepada Sol Han, sedangkan Penghargaan Ketua Federasi Organisasi Seni dan Budaya Korea diberikan kepada Myeong Seo Kong. Boukchakeche Hanae (Maroko). Sedangkan 87 lainnya menerima Award of Participation.

Dalam sambutannya, Ketua Yoon mengatakan, “Tema tahun ini adalah ‘Komunitas Global Menjadi Satu Di Bawah Cahaya Perdamaian. “Saya kagum dengan kesenian dan kreativitas yang ditunjukkan oleh para peserta tahun ini dan sangat tersentuh dengan pesan perdamaian yang terkandung dalam gambar-gambar tersebut” ungkapnya memaparkan.

Ia menyebutkan, saat ini kita hidup di era dimana perdamaian sangat dibutuhkan sebelumnya. Untuk mencapai perdamaian, masyarakat perlu memahami bahwa perdamaian adalah hak dasar bagi semua dan bahwa semua harus menyebarkan budaya perdamaian. “Saya berharap perdamaian dunia yang digambarkan dalam lukisan-lukisan ini tercapai secepat mungkin.” ujarnya.

Ketua Juri Yang Hyung Lee, penasehat tetap Asosiasi Seni Rupa Korea, mengatakan, ketika anak-anak semakin memikirkan perdamaian, mereka menjadi semakin kreatif, dan memiliki keinginan yang lebih kuat untuk menyebarkan pesan perdamaian mereka ke seluruh dunia melalui gambar-gambar mereka. “Saya percaya bahwa tekad yang kuat ini akan berdering keras di seluruh dunia.” ucapnya.

Juri Shamika Deshpande dari India menyemangati para siswa dalam ucapan selamatnya dengan mengatakan bahwa, partisipasi itu penting karena tanpa partisipasi, semua tidak akan mendapatkan yang terbaik.

IWPG Sukses Menggelar Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4
FOTO: Karya pemenang

“Anak-anak telah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Mereka telah melakukan sesuatu yang lebih, mengekspresikan diri, mendapatkan hadiah dan saya mengucapkan yang terbaik untuk semua anak-anak itu” kata dia.

Juri Linda Ciharova dari Republik Ceko berkata. “Meskipun ada persaingan, kalian semua menciptakan karya gambar yang luar biasa,” katanya memuji gambar para siswa.

Karya-karya yang mendapat penghargaan ini akan dipresentasikan pada pameran online, dan hasil gambar juga akan diterbitkan sebagai brosur dan dikirim ke semua penerima penghargaan, bahkan mereka yang tinggal di luar negeri.

Sebagaomana dikerahui, IWPG adalah LSM internasional dalam status konsultatif dengan UN ECOSOC, dan sejak didirikan pada tahun 2013, telah melakukan berbagai inisiatif dan kampanye perdamaian untuk mencapai perdamaian dunia dan reunifikasi semenanjung Korea

Respon (1)

Komentar ditutup.