Jangan Biarkan Insecure Menghilangkan Rasa Percaya Diri

Avatar of news.Limadetik
Jangan Biarkan Insecure Menghilangkan Rasa Percaya Diri
FOTO : Azallya Fatihah Arianto

Oleh : Azallya Fatihah Arianto
Email : azallyafatihaharianto0400@gmail.com
Prodi : Akuntansi/Fakultas Eknomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

___________________________

ARTIKEL – Kepercayaan diri adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki seseorang untuk bisa bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya rasa percaya diri, seseorang akan berani untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa adanya kecemasan ataupun rasa takut yang menghantui. Jika seseorang sudah memiliki sifat percaya diri, dia akan yakin dan percaya dengan kemampuan dirinya. Kepercayaan diri juga meningkatkan sisi positif dalam hidup, yang mana ini akan mempengaruhi diri ketika menjalani kehidupan.

Namun, ada kalanya kepercayaan diri seseorang menurun atau bahkan hilang, dan ini merupakan hal normal yang dialami oleh manusia. Ketidakpercayaan diri ini dikenal dengan sebutan insecure, yang berarti merasa tidak aman, tidak tenang, cemas, dan keraguan seseorang terhadap dirinya sehingga mempengaruhi kenyamanannya dalam menjalani kegiatan.

Perasaan insecure ini akan membuat seseorang selalu merasa dirinya tidak lebih berharga jika dibandingkan dengan orang lain. Seseorang yang memiliki rasa insecure cenderung akan sering membandingkan dirinya atau pencapaiannya dengan orang lain. Jika dia dihadapkan dengan seseorang yang menurutnya lebih unggul, baik dalam hal penampilan, akademik, atau pencapaian lainnya, maka dia akan menganggap dirinya tertinggal dan tidak berharga karena tidak mampu mencapai hal yang sama.

Ketika rasa percaya diri dimiliki oleh seseorang, maka dia akan menghargai nilai dirinya dan selalu meyakini bahwa kemampuan dirinya tidak akan pernah sama dengan orang lain. Namun, ketika seseorang berada dalam fase insecure, maka dia akan melakukan kebalikannya. Orang yang insecure akan menilai dirinya rendah yang berakibat pada hilangnya keyakinan dan kepercayaan kepada dirinya sendiri.

Insecure ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah pengaruh lingkungan yang terkadang tidak adil terhadap beberapa kelompok atau individu. Sebagai contoh, di lingkungan masyarakat masih identik dengan perempuan cantik adalah perempuan dengan kulit putih. Lalu bagaimana dengan mereka yang terlahir dengan kulit lebih gelap?. Seringnya, orang yang memiliki kulit gelap akan mendapat perlakuan yang tidak adil dibandingkan dengan yang berkulit putih. Hal ini menyebabkan perempuan yang memiliki kulit gelap merasa tidak diinginkan atau bahkan tidak dihargai kehadirannya di lingkungan, dan inilah yang menyebabkan rasa insecure itu muncul.

Meskipun insecure itu normal dan wajar dirasakan oleh manusia, namun tentu manusia tidak boleh berlarut terlalu lama dalam rasa insecure tersebut sebab itu akan sangat berpengaruh dalam menjalani aktivitas. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mencegah rasa insecure adalah:

1. Selalu Berpikir Positif
Pikiran akan mempengaruhi jalan kehidupan, maka selalu berpikiran positif agar hal-hal positif terjadi dalam hidup. Mindset yang positif akan berpengaruh pada jiwa seseorang, dia tidak akan ragu dalam bertindak. Ketika dia gagal dan orang lain berhasil, alih-alih insecure dan menyalahkan diri atas kegagalan tersebut, cobalah untuk mengapresiasi diri karena telah melakukan yang terbaik dan menanamkan pemikiran bahwa kegagalan adalah awal mula segala kesuksesan.

2. Bersyukur dengan Keadaan Diri
Setiap orang memiliki kapasitas diri yang berbeda, serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kemampuan satu orang dengan yang lainnya tidak akan pernah sama, begitu pula jalan dan tantangan yang dihadapi untuk mencapai suatu tujuan. Maka dari itu, bersyukur adalah kunci utama dalam kehidupan yang ampuh untuk menghilangkan perasaan insecure. Dengan bersyukur, seseorang akan menikmati hidup dengan menjadi dirinya tanpa perlu membandingkan hidupnya dengan orang lain, karena dia tau bahwa masing-masing manusia tidak akan pernah sama jalan hidupnya.

3. Fokus dengan Diri Sendiri dan Tujuan
Untuk hidup yang lebih tenang, fokuslah hanya pada diri sendiri dan tujuan yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Membandingkan diri dengan orang lain tidak akan ada habisnya. Maka, daripada waktu terbuang untuk membandingkan lalu menyalahkan diri, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengejar cita-cita sembari terus mengembangkan diri.

4. Melakukan Hobi dan Mengeksplor Hal Baru
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan perasaan insecure adalah fokus melakukan hobi dan mengeksplor hal baru yang mampu meningkatkan kualitas diri. Lakukan hal-hal yang menyenangkan, perlahan hal itu akan membuat kita melupakan rasa insecure karena kita menikmati hal-hal yang disukai.

5. Berolahraga dan Memperbaiki Penampilan
Olahraga yang rutin dapat menjadi distraksti dari rasa insecure. Ketika seseorang rutin berolahraga, maka rasa percaya dirinya akan meningkat. Setelah itu, rubahlah penampilan dengan gaya baru yang lebih segar, sehingga lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas.