Kebijakan Ekonomi Indonesia Pada Era Globalisasi

Kebijakan Ekonomi Indonesia Pada Era Globalisasi
FOTO: lustrasi

Oleh: Anggie Cahyaning Rahayu

Arti globalisasi yaitu membentuk kehidupan yang baru dan tidak adanya pembeda seperti budaya, ekonomi, letak geografis serta memudahkan untuk berkomunikasi antar negara dengan berbagai bidang yang ada. Menurut Thomas L.Friedman, globalisasi mempunyai dimensi idiologi dan teknologi, dimensi idiologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi yaitu teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.

Pada era sekarang dengan perkembangan teknologi menjadi salah satu mengapa globalisasi bersifat positif, karena menciptakan inovasi dibidang teknologi. Semakin berkembangnya hubungan dengan negara lain, maka globalisasi dikatakan memiliki hubungan untuk meningkatkan keterkaitan dan ketergantungan melalui investasi, perdagangan, dan budaya. Terdapat beberapa kebijakan perdagangan internasional, seperti :

a) Promosi Ekspor, kebijakan ini dapat meningkatkan daya saing dan produktivitas. Seperti negara Thailand yang menghasilkan devisa dari ekspor pertanian. Indonesia memperoleh devisa yang cukup besar dari ekspor tekstil.
b) Substitusi Impor, kebijakan ini untuk memproduksi produk yang akan diimpor. Awalnya pengembangan tekstil di indonesia adalah substitusi impor, jika terlampaui maka masuk ke promosi ekspor.
c) Proteksi Industri, melindungi industri yang baru berkembang sampai bisa bersaing. Kebaikan adanya globalisasi ekonomi yaitu produksi global dapat ditingkatkan seperti Indonesia yang mendapatkan keuntungan dari komparatif minyak kelapa sawit.

Kemudian meningkatkan kemakmuran masyarakat yaitu perdagangan bebas dapat membuat masyarakat mengimpor banyak produk luar negeri. Dan meluaskan pasar untuk produk dalam negeri yaitu perdagangan luar negeri lebih luas menjadikan setiap negara memperoleh pasar lebih luas dari pada pasar dalam negeri.

Kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah untuk mengatur kembali kehidupan ekonomi untuk mencapai suatu tujuan. Kebijakan pemerintah harus bekerja sama dengan instansi karena akan berkaitan dengan instansi. Seperti menaikkan tarif bea impor untuk
produk yang sudah ada di negara kita. Dan memberikan bantuan modal kepada produk yang memiliki keunggulan supaya produk tersebut masuk kedalam pasar dunia.

Kemakmuran ekonomi suatu negara dilihat dari pertumbuhan ekonominya. Jika pertumbuhan ekonomi disuatu negara terus meningkat, maka dapat dikatakan bahwa pembangunan di negara tersebut telah berhasil. Faktor yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada dari keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki. Dan meningkatkan sumber ekonomi yang dinilai penting seperti tanah, modal, sumber tenaga dan infrastruktur.