Kelebihan Penerapan Penjadwalan Jangka Pendek dalam Bisnis

Avatar of news.Limadetik
Kelebihan Penerapan Penjadwalan Jangka Pendek dalam Bisnis
FOTO: Martina Damayanti

OLEH : Martina Damayanti
PRODI: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

_________________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Penjadwalan adalah pengalokasian beberapa sumber daya (resources) untuk melaksanakan beberapa planning atau kegiatan dalam jangka waktu tertentu merupakan suatu langkah pengambilan keputusan yang memegang peranan penting dalam sektor manufaktur dan jasa, yaitu pengalokasian sumber daya yang tersedia.

Dalam perusahaan dengan sistem manajemen yang baik, diperlukan adanya suatu penjadwalan yang didalamnya segala sesuatu yang berhubungan dengan proses produksi dikendalikan agar waktu yang ditargetkan dapat tercapai. tercapai. efektif dan efisien.

Sebagai seorang manajer produksi yang mengendalikan segala sesuatu dalam proses produksi, perlu direncanakan dan diimplementasikan penjadwalan sistem dengan baik.

Penjadwalan jangka pendek adalah konversi keputusan kapasitas, penjadwalan induk dan jadwal induk menjadi periode kerja dan personel, bahan dan tugas khusus, pemrosesan mekanis (untuk melakukan pribadi dan peralatan setiap hari atau setiap hari).

Pentingnya penjadwalan jangka pendek bagi perusahaan adalah mengurangi tata letak personel operator, mesin dan peralatan produksi, serta meningkatkan efisiensi di tempat lain.

Hal ini sangat penting untuk pengambilan keputusan dalam proses kesinambungan produksi karena secara efektif merencanakan perusahaan untuk menggunakan asetnya secara efektif dan menghasilkan uang kapasitas investasi yang lebih tinggi, yang pada gilirannya mengurangi biaya.

Penjadwalan meningkatkan kapasitas dan fleksibilitas, yang terkait dengan waktu pengiriman yang lebih cepat dan layanan pelanggan yang lebih baik. Keuntungan dari jadwal jangka pendek adalah keunggulan kompetitif melalui pengiriman yang andal ini juga berarti bahwa perusahaan menggunakan aset lebih efisien dan dengan demikian menciptakan lebih banyak kapasitas untuk setiap uang yang diinvestasikan, yang pada gilirannya mengarah pada biaya yang lebih rendah.

Dapat disimpulkan bahwa kepentingan jadwal jangka pendek Perusahaan adalah ramalan yang dihasilkan dari pesanan pelanggan untuk fasilitas yang ada atau alokasi dan prioritas permintaan.