Banner Ucapan Selamat

Kemenag Sumenep Tegaskan Dana Haji Aman dan Tidak Digunakan

  • Bagikan
Kemenag Sumenep Tegaskan Dana Haji Aman dan Tidak Digunakan
FOTO: Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep
Banner Iklan

SUMENEP, LimaDetik.Com – Innani Mukarromah, Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, menegaskan dana haji aman dan tidak digunakan untuk biaya apapun.

“Perlu saya tegaskan bahwa dana haji aman dan tidak dipergunakan untuk keperluan apapun seperti isu-isu diluar yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,” tegas Innani Mukarromah, Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, kepada Limadetik.com, Kamis (10/6/2021).

Selain itu, Innani juga menegaskan Kemenag tidak memegang uang jamaah, semua uang jamaah haji keseluruhan masuk ke rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sesudah disetor ke Bank.

“Kemenag sama sekali tidak cawe-cawe masalah keuangan, murni dikelola oleh BPKH, dan Kemenag hanya menverifikasi berkas untuk memperoleh nomor porsi jamaah haji,” paparnya.

“Prosesnya seperti ini mas, uang disetor ke Bank, setelah itu dari Bank di setor ke rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Jadi, sangat jelas Kemenag tidak cawe-cawe masalah keuangan,” ujarnya.

Seperti siberitakan sebelumnya Pemerintah melalui Menteri Agama telah memutuskan membatalkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021.

Hal ini terkait pandemi corona virus disease-19 (COVID-19) yang hingga kini belum selesai. Keputusan itu disampaikan setelah Pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M dan pemerintah Indonesia membutuhkan ketersediaan waktu yang cukup untuk melakukan persiapan pelayanan bagi jemaah haji.

Menurutnya kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No 660/2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji dan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/2021 M.

Akibat keputusan tersebut, tercatat sebanyak 671 jemaah haji di Kabupaten Sumenep gagal berangkat pada tahun 2021. Padahal, sudah 65 persen telah melakukan vaksinasi Covid-19, dari jumlah tersebut dapat dipastikan aman dari Virus Corona.

(Bahri/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *