Kewirausahaan Sosial Akan kah Menjadi Roda Baru Penggerak Ekonomi Indonesia

Avatar of news.Limadetik
Kewirausahaan Sosial Akan kah Menjadi Roda Baru Penggerak Ekonomi Indonesia
FOTO: Dila Sepiawati

OLEH : Dila Sepiawati
Universitas Muhammadiyah Malang

________________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Masalah sosial utama di Indonesia adalah pengangguran, kemiskinan dan degradasi lingkungan. Masalah seperti ini tentu sangat mengganggu pembangunan dan stabilitas nasional. Sebab itu dibutuhkan adalah sebuah solusi nyata yang dapat membantu mengatasi permasalahan diatas.

Pada Solusinya adalah mendorong atau menumbuhkan rasa kewirausahaan pada setiap orang Individu masyarakat, khususnya generasi muda sebagai tulang punggung bangsa, salah satunya adalah pengembangan kewirausahaan sosial. Pada prinsipnya, siapa pun dapat bertindak sebagai pembawa perubahan, misalnya pemuda-pemuda dapat memberikan kontribusi yang sangat penting pada proses perubahan sosial.

Kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan inovatif, jeli melihat peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh. Bisnis sebaiknya memiliki nilai dan bermanfaat dimana hal ini bisa dilakukan melalui penerapan konsep kewirausahaan sosial. Berbagai kalangan mulai memperbincangkan konsep kewirausahaan sosial sebagai solusi inovatif dalam menyelesaikan permasalahan sosial.

Di Indonesia sendiri kewirausahaan sosial mulai banyak di lirik atau mencuri perhatian anak muda Indonesia terkuhusus mahasiswa yang di kampusnya berdiri pusat studi kewirausahaan dan terbentuknya Asosiasi Kewirausahaan Dosial Indonesia (AKSI) yang menyakini bahwa kewirausahaan sosial merupakan salah satu solusi yang sangat diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah sosial di Indonesia dan dianggap akan menjadi roda baru penggerak ekonomi Indonesia.

Di Indonesia sendiri pemerintah menghabiskan banyak sumber daya kekuatan untuk mengatasi masalah sosial dan kooperatif di beberapa negara asing di seluruh dunia dunia, tapi ternyata itu masih belum cukup untuk mengatasi masalah ekonomi yang ada, maka dari itu diperlukan Individu atau lembaga yang melihat peluang dan menghasilkan ide-ide inovatif untuk mengatasi masalah sosial tersebut.

Hal ini adalah bagaimana itu dari mana orang atau lembaga muncul itu namanya wirausaha sosial, dimana tujuan kewirausahaan Sosial adalah realisasi dari perubahan sosial untuk lebih baik atau positif dan pemecahan masalah manfaat sosial Publisitas. Kewirausahaan sosial pada dasarnya bergerak menggali kemampuan masyarakat daerah sekitar untuk dikembangkan dan nantinya diharapkan akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mendongkrak roda perekonomian daerah sekitar, mungkin yang awalnya hanya mendongkrak perekonomian daerah sekitar nantinya juga akan berkontribusi besar bagi negara Indonesia dalam menajukan perekonomian dan memberdayakan masyarakat.

Kewirausahaan ini sangat bisa menggerakan perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi dengan dilihat Indonesia memiliki masyarakat usia produktif yang cukup banyak, apalagi di ramalkan Indonesia akan mengalami masalah bonus demografi saat 2030 nanti, hal ini juga dapat dihindari dengan para pemuda Indonesia bisa membangun kewirausahaan sosial dimulai dengan melihat potensi dari daerah dan masyarakat sekitar yang ada di lingkup mereka.

Dengan hal ini pasti masyarakat Indonesia mampu berangsur-angsur terbebas dari kemiskinan dan mungkin saja dapat mengurangi angka pengangguran yang banyak di Indonesia karna jika di jalankan dengan serius dan melihat peluang yang ada kewirausahaan ini akan memberikan dampak besar dan berkelanjutan positif pada perekonomian Indonesia.

Keuntungan menjadi Pengusaha sosial berusaha untuk bertindak dengan sengaja menciptakan nilai bagi masyarakat dan juga menghasilkan pendapatan. Benar-benar kewirausahaan sosial menguntungkan orang miskin biasanya dengan tender juga sebagai sarana penghidupan alternatif pekerjaan berdasarkan misi sosial dan semnagat memberi pelayanan terbaik