banner podcast

KKN Mahasiswa IAI Ibrahimy Banyuwangi Sasar Lembaga Pendidikan

  • Bagikan
KKN Mahasiswa IAI Ibrahimy Banyuwangi Sasar Lembaga Pendidikan
FOTO: KKN Mahasiswa IAI Ibrahimy
Banner Iklan

LIMADETIK.COM, BANYUWANGI – Di dusun Sukomukti, Desa Sukorejo telah di terjunkan sekelompok anggota Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAI Ibrahimy yang terdiri dari 15 Anggota, satu kelompok di bagi menjadi tiga group untuk menembusi berbagai intansi, diantaranya group 1 bertugas untuk menembusi setiap lembaga lembaga pendidikan. Group 2 menembusi aparat desa, group 3 bertanggung jawab untuk menembusi berbagai oraganisasi.

Hal ini bertujuan agar semua anggoota KKN terlibat dalam kerjasama untuk pengumpulan data yang dibutuhkan, juga sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas yang telah diberikan kampus kepada setiap kelompok KKN.

Ketua kordinator Mahasiswa KKN IAI Ibrahimy Banyuwangi, Abd. Ramdan Saleh mengatakan, setiap kegiatan di desa pihaknya selalu aktif dalam berpartisasi untuk membantu sekaligus mengumpulkan data, hal itu mereka lakukan agar selalu mendapat suport dari setiap aparat Desa dan Masyarakat, juga dapat menjadi contoh untuk generasi yang ada di Dusun Sukomukti Desa Sukorejo.

“KKN kelompok 4 selalu memberikan kontribusi pada setiap kegiatan desa dan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pelaksanaan tugas yang di terima dari kampus IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Kegiatan kegiatan yang memiliki sangkut paut dengan anggota KKN selalu berjalan dengan lancar tampa ada-nya hambatan dan pantangan yang membuat acara tersebut tidak berjalan sesuai jadwal mereka” katanya, Kamis (1/9/2022).

Menurut Ramdan, banyaknya kegiatan pada saat agustusan mampu mereka atur dengan baik, seperti gerak jalan, lomba panjat pinang dan lain sebagainya. Bahkan yang lebih menarik lagi, anggota KKN yang bekerjasama dengan karang taruna sampai mampu membuat upacara rakyat yang di ikuti oleh semua penduduk desa sukorejo atau oleh 4000 lebih.

Istilah upacara rakyat merupakan temuan dan hal baru bagi masyarakat Sukorejo Dusun Sukomukti, yang dimana setiap kalangan masyarakat ikut serta dalam melaksanakan upacara tersebut, yang lebih menarik lagi para petani juga ikut serta untuk menghadap sangsaka merah putih dengan memberikan hormat suci.

“Semua pekerja juga memakai baju kerjanya, melihat hal itu seolah olah mengigatkan kita kepada awal hari merdekanya bangsa ini. Semua bergegas dan memberi hormat pada sangsaka merah putih” ucap Ramdan.

Selain itu, para anggota Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga menjalankan tugasnya dengan baik dengan mengadakan Forum Group Dikusi (FGD) yang bertujan untuk mencari benang merah dari suatu permasalahan yang mereka dapat dari berbagai kalangan, baik dari setiap desa, masyarakat dan beberapa organisasi.

“Disampang itu, tujuan dari FGD juga mempermudah dalam membentuk Forum Anak Desa (FAD) dan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA)” sebutnya.

Diakui Ramdan, FAD dan SAPA mereka laksanakan di balai dusun dengan mengundan dari masyarakat dan beberapa isntansi, seperti Fatayat, Muslimat, PKK, Posyandu, dan IPPNU. Selain mensosialisasikan FAD dan SAPA juga sekaligus pembentukan structural agar setiap oraganisasi tersebut memiliki penanggung jawab, Acara tersebut di pandu langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Selain itu mereka juga mendatangi setiap lembaga pendidikan dengan bertujuan mensosialisasikan terkait bahaya Narkotika dan Bullying, ke-empat lembaga yang ada di dusun sukomuh tersebut mendapatkan sosialisasi langsung. Adapun lembaga di dusun sukomukti.yakni, TK Al-Basyar, TK Darma Wanita, SDN 2 Sukorejo dan Madin Al-Basyar.

Mereka juga memiliki kegiatan dikala malam seperti memberi pembelajaran pada anak anak yang mendatangi Posko Utama untuk Les, selain itu mereka juga melatih anak anak MADIN (Madrasah Diniah) yang akan di ikut sertakan dalam acara lomba yang akan di selenggarakan di Kecamatan Bangorejo.

“Anggota KKN selalu mendapatkan undangan dari setiap acara yang akan di selenggarakan baik itu acara karang taruna, PKK, Fatayat, Muslimat, dan yang lain. Seperti acara persatuan paguyuban 14 perguruan yang dilaksanakan di musolla depan rumah ketua RW 03” tukasnya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.