Lapas Bondowoso Gelar Vaksinasi Covid Tahap 1 Bagi Ratusan Warga Binaannya

Lapas Bondowoso Gelar Vaksinasi Covid Tahap 1 Bagi Ratusan Warga Binaannya
FOTO: Kalapas Bondowoso Sarwito saat ditemui awak media di ruang kerjanya

BONDOWOSO, Limadetik.com – 120 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Bondowoso mendapatkan Vaksinasi Covid 19 tahap I di Lapas setempat, Selasa (10/8/2021).

Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas Bondowoso.

Pelaksanaan Vaksinasi tersebut atas kerja sama antara Lapas Bondowoso dengan Dinas Kesehatan Bondowoso dan Puskesmas Kota Kulon Bondowoso.

Dari keterangan Kalapas Bondowoso, Sarwito, dari total keseluruhan warga binaan di Lapas Bondowoso, hanya 120 yang bisa di suntik vaksin tahap 1 ini

Hal ini karena terkendala beberapa dari warga binaan kesulitan dari data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Untuk totalnya 258 warga binaan, namun karena kendala NIK KTP maka yang terkafer hanya 120 an” kata Sarwito yang ditemui di ruang kerjanya.

Lapas Bondowoso Gelar Vaksinasi Covid Tahap 1 Bagi Ratusan Warga Binaannya
FOTO: Warga binaan Lapas Bondowoso saat melakukan vaksinasi

Permasalahannya, mereka yang masuk di Lapas terkadang KTP nya hilang atau hal lainnya.

“Kita tidak tahu, terkadang KTP nya sudah hilang dan warga binaan tidak hanya dari Bondowoso saja, terkadang ada juga yang tidak pernah dikunjungi oleh pihak keluarga. Hal ini juga dialami oleh lapas lain” tambah Sarwito.

Sarwito juga menjelaskan dari sekian warga binaan yang di vaksin tidak ada penolakan.

“Kita bersama tim dokter Lapas dan dinas Kesehatan selalu melakukan edukasi tentang pentingnya vaksinasi, dan alhamdulillah seluruh warga binaan antusias, malah ada dari mereka yang terkendala NIK memaksa untuk di suntik vaksin” katanya pada Limadetik.com.

Dirinya berharap secepatnya kita upayakan untuk bisa mendapatkan NIK agar seluruh warga binaan bisa mengikuti vaksinasi Covid 19.

(budhi/yd)