Lebaran Ketupat 2021, Bupati Sumenep dan Wakilnya Rayakan dengan Virtual

Avatar of news.Limadetik
Lebaran Ketupat 2021, Bupati Sumenep dan Wakilnya Rayakan dengan Virtual
FOTO: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi (kiri) bersama Wakilnya Hj.Dewi Khalifah saat vidcom lebaran ketupat

SUMENEP, LmaDetik.Com – Pelaksanaan lebaran ketupat tahun 2021 yang seharusnya menjadi sebuah momen keakraban bagi seorang pemeimpin dan rakyatnya, namun karena situasi masih dalam suasana covid-19 yang membuat semuanya harus lebih bersabar.

Kendati demikian, bukan berarti silaturrahmi harus terputus begitu saja, hal itu pun tidak lantas membuat Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH bersama Wakilnya tidak bisa menjalin silaturrahmi. Bupati bersama Forkopimda tetap bersilaturahim bersama masyarakat pada hari Raya Ketupat 1442 Hijriah dengan cara virtual.

“Menjalin silaturrahmi itu tidak harus dengan fisik atau bertemu secara langsung, karena saat ini suasana lebaran masih di tengah wabah covid-19, sehingga untuk menjalin silaturahim memanfaatkan teknologi melalui vidcom agar bisa bertatap muka dengan masyarakat,” kata Bupati di sela-sela acara lebaran ketupat, Kamis (20/5/2021).

Bupati Achmad Fauzi mengatakan, tradisi lebaran ketupat merupakan budaya leluhur yang dilaksanakan setiap tahun, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Sumenep untuk saling mengantar makanan baik kepada sanak saudara maupun tetangga. Tentu ini tidak bisa ditanggalkjan atau dilupakan begitu saja.

“Kita tidak boleh menanggal tradisi lebaran ketupat, itu sebabnya, tradisi ini harus tetap dijaga oleh setiap generasi, karena lebaran ketupat merupakan cara masyarakat Sumenep untuk berbagi dengan sesama yang dilaksanakan satu minggu setelah Idul Fitri,” terangnya.

Oleh karenanya, melalui vidcom atau virtual, Bupati berharap, masyarakat yang merayakan lebaran ketupat di luar rumah hendaknya meningkatkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker yang baik dan benar dalam rangka mencegah penularan COVID-19, sehingga semuanya tetap terjaga.

“Karena masih dalam situasi covid-19, saya mengimbau masyarakat yang biasa merayakan lebaran ketupat di tempat wisata bersama keluarga, agar jangan sampai lalai menerapkan protokol kesehatan untuk kesehatan dan keselamatan bersama,” pungkasnya.

Pada perayaan lebaran ketupat secara virtual kali ini, selain dihadiri Bupati Achmad Fauzi, juga dihadiri Wakil Bupati, Dewi Khalifah dan sejumlah Kepala Orgnisasi Perangkat Daerah. Di kesempatan itu, Bupati bersama Wakil Bupati berdialog langsung dengan masyarakat umum melalui Zoom atau virtual.

(yd/yd)