banner podcast

Lestarikan Peninggalan Sejarah, Mahasiswa UMM Kerja Bakti Bersihkan Situs Prasejarah

  • Bagikan
Lestarikan Peninggalan Sejarah, Mahasiswa UMM Kerja Bakti Bersihkan Situs Prasejarah
FOTO: kerja bakti situs prasejarah
Banner Iklan

MALANG, LimaDetik.Com – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 74 Gelombang 8 dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Ibu Chalimatuz Sa’diyah, SE., MM. ikut serta dalam melakukan kegiatan kerja bakti di situs purbakala watulumpang atau Yoni Hujung, Minggu (27/6/2021).

Lokasi tepatnya berada di dusun Ngujung Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Sebagai pengabdian pada masyarakat, Kegiatan ini dihadiri oleh bapak tetua juru kunci, pemuda-pemudi karang taruna dusun Ngujung, gabungan karang taruna desa Toyomarto, warga sekitar situs purbakala dan tak lupa peserta PMM UMM 74.

“Kegiatan kerja bakti ini dilatar belakangi, baru terbentuknya karang taruna dusun Ngujung. Berbagai bantuan dari pihak-pihak terkait guna melancarkan program kerjanya agar berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya serta menambah rasa kekompakan antar warga sekitar” kata DPL Ibu Chakimatuz Sa’diyah, SE.MM.

Menurut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Ibu Chalimatuz Sa’diyah, menambahkan, kegiatan kerja bakti ini dimulai dengan membersihkan sekitar area situs watulumpang secara gotong royong sehingga lingkungan terasa bersih, nyaman, asri serta indah untuk dipandang.

“Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat sekitar situs watulumpang lebih semangat dalam kegiatan selanjutnya serta memiliki kesadaran tinggi untuk melakukan kerja bakti secara rutin” ucapnya.

Sementara itu, Pak Giring, salah satu anggota Karang Taruna Dusun Ngujung mengatakan, mengingat situs tersebut merupakan peninggalan jaman purbakala yang wajib dilestarikan agar tidak hilang. Maka ia dan warga sekirtat mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan yang dilakukan adik-adik Mahasiswa PMM.

”Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi terhadap kakak-kakak mahasiswa PMM UMM kelompok 74 ini sekalian dikarenakan telah membantu dalam kegiatan kerja bakti ini dan berperan aktif, sekali lagi terima kasih” pungkasnya.

Penulis: Sheva
Editor : Wahyu

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.