Mahasiswa FH UMM Sosialisasikan Sertifikasi Halal Salah Satu UMKM di Kota Malang

Avatar of news.Limadetik
Mahasiswa FH UMM Sosialisasikan Sertifikasi Halal Salah Satu UMKM di Kota Malang
FOTO: mahasiswa fakultas hukum UMM lakukan sosialisasi sertifikat halal

LIMADETIK.COM, MALANG – Sebagaimana pemberlakuan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal, pengajuan sertifikasi halal oleh pelaku usaha bersifat wajib.

Hal tersebut lebih khusus diatur di dalam pasal 4 yang menyatakan bahwa “Produk yang masuk dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal”.

Pencantuman sertifikasi halal pada makanan menjadi sarana yang efektif bagi konsumen untuk memilah makanan halal dengan lebih mudah dan menjadi salah satu bentuk tanggung jawab produsen dalam berbisnis serta perlindungan bagi konsumen.

Mengusung tema “Sertifikasi Halal pada Produk UMKM”. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang terdiri dari Shaomi Lafadzida, Revido Azriel Aqsyal, Sulton Auliya’, Zakiyyah Naila Baroroh, Rasyid Ar Rachman, serta Farhan Hilal Revanza melakukan sosialisasi terkait Sertifikasi Halal kepada pelaku UMKM yaitu produk frozen food “Kimmello” yang beralamat di Jalan Villa Bukit Tidar No.C1-279, Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang.

Kegiatan sosialisasi tersebut sebagai pemenuhan tugas Pelatihan dan Kemahiran Hukum yang dilaksanakan oleh Laboratorium Hukum FH UMM yang dibina oleh Intan Khoirun Nisa’ S.H sebagai bentuk pengenalan mahasiswa akan dunia praktik dibidang hukum.

“Karena sering kali teori ilmu hukum yang diberikan dalam perkuliahan begitu teoritis sehingga jauh dari praktiknya.
Pada tanggal 5 November 2022 kami melakukan sosialisasi ini dan disambut hangat oleh Linda selaku pemilik usaha Kimmello” kata Shaomi Lafadzida, salah satu mahasiswa fakultas hukum UMM
Dalam sosialisasi tersebut kami menyampaikan bahwasannya penting untuk sebuah produk makanan berlabel halal sebagai nilai tambah bagi pelaku usaha serta menjamin keyakinan masyarakat akan produk tersebut.

Bukan hanya itu saja, dengan adanya label halal juga memberikan ketentraman batin bagi masyarakat khususnya konsumen dan memberikan keunggulan komparatif.
Bukan hanya itu saja, kami juga menjelaskan bagaimana alur proses dari pendaftaran sertifikasi halal serta memberikan arahan kepada pelaku usaha mengenai berkas apa saja yang diperlukan, penyelia halal yang bertugas hingga jangka waktu dalam mendaftarkan produk tersebut hingga terbitnya sertifikasi halal.

Melihat banyaknya keuntungan yang diperoleh, mbak Linda selaku pemilik usaha mengaku sangat tertarik untuk men drt55daftarkan produknya agar bersertifikasi halal, namun beliau juga merasa ragu dengan salah satu nama produknya yang memiliki nama berakhiran “dog” yang mana kata tersebut tidak dapat lolos sertifikasi halal.

Diharapkan nantinya sosialisasi yang kami lakukan dapat menarik para pelaku UMKM bukan hanya di Kota Malang namun juga di kota lain di Indonesia, khususnya Kimmello untuk dapat mendaftarkan produknya agar bersertifikasi halal. “Mengingat betapa banyak keuntungan yang diperoleh kedepannya” ucapnya.

Respon (1)

Komentar ditutup.