Mahasiswa KKN UM Mengedukasikan Pola Hidup Sehat bagi Anak Usia Dini di Posyandu Desa.Sukorejo

Avatar of news.Limadetik
Mahasiswa KKN UM Mengedukasikan Pola Hidup Sehat bagi Anak Usia Dini di Posyandu Desa.Sukorejo
FOTO: Mahasiswa KKN UM bersama anak Usia Dini di Posyandu Desa Sukorejo

LIMADETIK.com, Malang – Anak usia dini merupakan masa golden age, di mana pada usia ini terdapat masa pertumbuhan baik fisik maupun non fisik. Saat usia anak mulai dari 0-6 tahun, merupakan masa terbaik untuk perkembangan emosional, motorik, intelektual, fisik, bahasa, dan sosial berlangsung dengan cepat yang hanya terjadi dalam perkembangan kehidupan manusia.

Karena pada usia 0-6 tahun adalah saat terpenting untuk mengembangkan pola pikir anak melalui penerapan pola hidup sehat, Pola hidup sehat yakni cara hidup yang dapat mengatur keseimbangan antara jasmani dan rohani. Ada banyak upaya yang dilakukan sebagai wujud menjalani pola hidup sehat, diantaranya adalah dengan memperhatikan pola makan yang baik, selain menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan juga sagat penting mendukung kesehatan tubuh kita.

Saat paling baik untuk menerapkan pola hidup sehat ini adalah sejak anak-anak masih usia dini, oleh karena itu, para orang tua harus bisa memanfaatkan masa ini dengan baik, cermat, dan hati-hati, namun masih banyak orang tua di Desa Sukorejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang yang kurang memahami bagaimana menerapkan pola hidup sehat kepada anak-anak mereka. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kepedulian para orang tua terhadap pentingnya pola hidup sehat bagi anak usia dini.

Berangkat dari kasus tersebut, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan program kerja untuk memberikan edukasi pola hidup sehat bagi anak usia dini di Posyandu Desa Sukorejo. Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk membantu para orang tua dalam memberikan informasi pola hidup sehat agar lebih peduli terhadap pentingnya menjaga kesehatan diri terhadap anak-anak mereka.

“Kegiatan edukasi ini dilaksanakan saat kegiatan posyandu rutin setiap awal bulan yang diadakan di Dusun Mbedali, Desa Sukorejo, pemberian edukasi dilaksanakan menggunakan media power point interaktif dengan memaparkan materi penerapan pola hidup sehat bagi anak usia dini kepada para orang tua serta mempraktikkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada anak usia dini” kata Moch Alfan, Mahasiswa KKN UM, Sabtu (2/7/2022).

Selama kegiatan lanjut Alfan, pemberian edukasi dilakukan pula pembagian sikat dan pasta gigi gratis kepada anak-anak, hal ini ditujukan agar anak-anak bisa mempraktikkan edukasi tersebut di rumah masing-masing.

“Setelah program kerja edukasi ini dilaksanakan, para orang tua merasa sangat teredukasi dan merasakan manfaat dari edukasi yang diberikan. Mahasiswa berharap setelah program edukasi pola hidup sehat bagi anak usia dini dilaksanakan, para orang tua bisa memanfaatkan masa anak usia dini serta lebih peduli pentingnya menerapkan pola hidup sehat sejak anak masih berusia dini” tukasnya.